Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Investigasi Polda Jateng, Blackout Jakarta Akibat SUTET Terkena Pohon di Gunungpati

0 94

MURIANEWS.com, Purwokerto – Blackout yang terjadi di Jakarta dan sebagian wilayah Jawa mendapat perhatian serius. Polda Jateng dan PLN membentuk tim untuk melakukan investigasi, karena terganggunya jaringan saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET) di Ungaran.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyatakan, hasil sementara investigasi itu menunjukkan jika saluran SUTET terkena pohon di daerah Gunungpati. Hal ini yang menyebabkan terjadinya korselting dan menyebabkan terganggunya pasokan listrik di PLTU Surayalaya.

Gangguan ini terjadi di  tower transmisi 434-435 di Desa Malon, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.

“Penyebab terganggunya karena ada jaringan SUTET yang korslet terkena pohon di daerah Gunungpati. Itu salah satu penyebabnya. Namun penyebab penyebab lain masih dilakukan investigasi,” katanya kepada wartawan di SPN Purwokerto, Selasa (6/8/2019).

Ia menyebut, tim investigasi melakukan berbagai upaya untuk menelusuri penyebab terjadinya pemadaman listrik massal tersebut. Termasuk kemungkinan adanya unsurekesengajaaan atau sabotase serta kelalaian.

Kendati demikian menurut dia, dari hasil investigasi sementara tak ditemukan adanya unsur kesengajaan. Melainkan karena faktor alam.

Saat terjadinya kontak antara pohon dengan jaringan SUTET, saat itu sebenarnya sudah ada petugas PLN yang mencoba memotong pohon yang ketinggiannya melebihi Right of Way (ROW) setinggi 8,5 meter tersebut.

Namun kemungkinan saat proses ini, ada embusan angin yang menyebabkan pohon berkontak dengan kabel SUTET. Sehingga terjadi loncatan listrik (flash) dan ledakan. Bahkan menurut Kapolda ada beberapa petugas yang mengalami luka akibat kejadian itu.

“Saya dapat informasi petugas menjadi korban karena kena setrum. Mungkin ada angin yang menyebabkan ada lompatan listrik ke pohon itu dan mengenai kabel Indihome juga yang ada di bawahnya, kotak Indihome meledak juga. Ledakannya menyebabkan luka pada petugas PLN yang sedang melakukan pembersihan juga,” ucapnya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmaja juga menyatakan hal yang sama. Pihaknya memastikan jika insiden tersebut bukan sabotase ataupun aksi terorisme.

”Kerusakan tersebut diakibatkan pohon yang ketinggian melebihi batas ROW, sehingga berakibat flash yang disertai bunyi ledakan. Ledakan bukan akibat sabotase atau terorisme,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.