Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Begini Sosok KH Maimoen Zubair di Mata Para Santri

0 192

MURIANEWS.com, Rembang – KH Maimoen Zubair adalah ulama dan aset besar bangsa Indonesia. Pemikiran dan karyanya tidak hanya dikaji di Indonesia, tapi juga dunia. Meskipun tidak belajar di Perguruan Tinggi, tapi wawasan dan pergaulannya yang luas, membuat pemikirannya menjadi rujukan umat Islam dunia.

Hal itu dikatakan oleh Jamal Ma’mur, salah satu santri Mbah Moen. Dia juga mengaku, Mbah Moen adalah sosok ulama ahli Tafsir. Setiap kali pengajian tafsirnya, khususnya pada hari minggu di pondol pesantren Al Anwar selalu dibanjiri santri dan kiai dari berbagai pelosok di Indonesia.

“Keterangannya renyah, humoris, dan banyak melahirkan Inspirasi,” katanya.

Baca Juga:

Lebih dari itu, KH Maimun Zubair juga sosok ulama yang menguasai sejarah, khususnya sejarah Islam. Beliau mampu menguraikan sejarah secara detail dan mudah diingat.

“Dalam pengajian kitab Tafsir, penjelasan beliau tentang sejarah sangat detail dan mendalam. Hal ini tidak lepas dari bacaan beliau yang luas terhadap keilmuan Islam,” ungkap Jamal.

Selain itu, Mbah Moen juga sosok guru yang berhasil melahirkan ulama-ulama besar. KH Abdul Wahid Bandungsari, KH Zuhrul Anam, KH Bahauddin Nursalim, KH Sya’roni, dan ulama-ulama lain adalah produk didikan KH Maimoen Zubair.

“Bahkan alumni Al Anwar Sarang tampil sebagai ulama dan tokoh masyarakat yang diakui kedalaman ilmu dan keikhlasannya dalam berjuang,” terangnya.

KH Maimun Zubair juga merupakan sosok negarawan yang selalu mengobarkan dan memperjuangkan Islam moderat. Beliau mampu memadukan Islam dan kebangsaan.

“Pancasila, binneka tunggal ika, negara kesatuan Republik Indonesia, dan Undang-Undang Dasar 1945, beliau perjuangkan dengan sepenuh hati,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.