Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Temui Kendala Terapkan Wacana Pelayanan E-KTP di Tiap Kecamatan

0 82

MURIANEWS.com, Jepara – Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi melontarkan wacana untuk membuka pelayanan E-KTP di tiap kecamatan. Senin (5/8/2019) hari ini digelar rapat koordinasi untuk membahasnya.

Namun upaya untuk segera merealisasikan wacana tersebut tampaknya belum bisa dipastikan. Terlebih dari hasil rapat hari ini, upaya untuk mendelegasikan pelayanan E-KTP di kecamatan masih memerlukan kajian lebih mendalam.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk di Disdukcapil Jepara, Dasuki menyatakan, wacana ini masih membutuhkan pembahasan lebih lanjut.

Rapat membahas mengenai masalah ini memang sudah dilakukan bersama dengan Sekda Jepara, Senin (5/8/2019). Namun dalam rapat ini belum ada keputusan sama sekali.

Menurut Dasuki, wacana melebarkan pelayanan E-KTP ke masing-masing kecamatan merupakan sebuah langkah baik, dalam pelayanan kepada masyarakat. Namun wacana tersebut juga perlu dibahas mengenai beberapa hal yang harus dipenuhi.

“Kami berharap wacana ini bisa diwujudkan, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa semakin baik. Tetapi semua juga mesti harus disiapkan menyangkut beberapa hal,” ujar Dasuki.

Beberapa hal yang dimaksudkan di antaranya, kesiapan mengenai SDM (Sumber Daya Manusia). Membuka layanan di masing-masing kecamatan membutuhkan petugas yang menguasai masalah ini.

Tidak hanya paham soal kependudukan, sistem kependudukan, tapi juga paham dengan teknologi yang diterapkan dalam hal ini.

Selain SDM, masih ada lagi soal fasilitas sarana dan prasarana. Bagaimana tempatnya dan bagaimana peralatannya.

Selain dua hal tersebut, juga masih ada persoalan mengenai anggaran. Jika ada tambahan petugas dan fasilitas sarana dan prasarana, maka diperlukan juga anggaran yang mendukungnya.

“Jadi hal-hal itulah yang sempat dibahas dalam rapat koordinasi dengan Pak Sekda Jepara. Selanjutnya, semua hal yang terkait dengan persoalan ini masih akan dibahas lebih lanjut,” tambah Dasuki.

Wacana melebarkan pelayanan E-KTP ke masing-masing kecamatan, dilontarkan oleh Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi, pekan lalu. Hal ini disampaikan Dian Kristiandi, merespon keluhan masyarakat terkait pelayanan adminiatrasi kependudukan (Adminduk).

Dian Kristiandi kemudian mewacanakan kemungkinan untuk mendelegasikan sebagian wewenang pelayanan administrasi adminduk ke tingkat kecamatan. Termasuk pembuatan E-KTP.

“Kalau misalkan dinilai lebih baik, pengurusan KTP elektronik dan adminduk lainnya bisa dilakukan di kantor kecamatan,” kata Dian Kristiandi sebelumnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.