Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dinas Perdagangan Kudus Pastikan APAR di Pasar Aman dan Layak Pakai

MURIANEWS.com, Kudus –  Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus memastikan ketersediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di pasar-pasar di Kota Kretek berstatus layak pakai dan tercukupi. Total APAR yang dimiliki kini mencapai 185 buah yang disebar di seluruh pasar.

Jenis APAR juga bervariasi. Mulai dari yang berisi satu setengah kilogram hingga enam kilogram. Penempatan serta pendistribusiannya disesuaikan dengan kepadatan pasar serta luas pasar yang akan disebar APAR di tiap sudutnya.

“Stok APAR juga masih tersedia, sekitar seratusan,” ucap Sekretaris Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Andy Imam Santosa, Senin (5/8/2019) pagi.

Perawatan terhadap APAR di tiap pasar juga dilakukan dengan baik. Dengan tujuan, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran dengan skala kecil maupun sedang, APAR bisa digunakan dengan cepat dan tidak macet.

“APAR sangat perlu disediakan di pasar-pasar yangmemiliki tingkat kepadatan tinggi,” ucap Andy.

Ia menyebutkan, di Pasar Kliwon, pihaknya menyebar 25 APAR di berbagai titik pasar. Beratnya bervariasi. Yakni tabung APAR  satu kilogram hingga tabung APAR dengan isi sebanyak enam kilogram. “Untuk APAR dengan isi enam kilogram kami sediakan lebih banyak,” sambungnya.

Sedang untuk Pasar Bitingan yang baru saja terjadi korsleting arus listrik dan hampir menyebabkan kebakaran, pihaknya menyediakan sebanyak  32 buah. Dengan rincian sebanyak tiga buah tabung isi 25 kilogram, 22 buah tabung isi enam kilogram, tiga buah tabung isi dua kilogram, dua tabung tiga kilogram, serta satu tabung 3,5 dan 1 kilogram.

“Semua dalam kondisi yang layak pakai,” ucap Andy.

Selain APAR, untuk mencegak kebakaran, pihaknya akan menata kabel-kabel yang dianggap berpotensi mengakibatkan korsleting arus listrik. “Tapi, tidak bisa satu waktu selesai,” ucapnya.

Hingga kini, baru bangunan lantai satu Pasar Kliwon yang instalasi listriknya sudah dipastikan aman. Pelaksanaannya menghabiskan anggaran  mencapai Rp 3,5 miliar. “Pengerjaannya meliputi pengaturan jalur kabel, standarisasi jenis kabel, serta penunjang-penunjang lain,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...