Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ansor Pati Anjurkan Daging Kurban Dibungkus Daun Jati

MURIANEWS.com, Pati – Ketua Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pati, Itqonul Hakim mengimbau kepada seluruh anggota yang terlibat dalam penyembelihan kurban agar mengurangi penggunaan kantong plastik.

Pasalnya kantong plastik dinilai tidak ramah lingkungan. Pihaknya pun menganjurkan agar daging kurban dibagikan dengan dibungkus daun jati ataupun pisang, serta besek besek bambu.

“Kami sudah mengintruksikan kepada seluruh kader Ansor maupun Banser agar tidak menggunakan kantong plastik ketika pembagian daging kurban. Kami mengintruksikan untuk menggunakan daun jati, besek ataupun daun pisang,” katanya saat kepada MURIANEWS.com, Senin (5/8/2019).

Menurutnya, penggunaan daun jati, besek ataupun daun pisang akan lebih ramah lingkungan. Selain itu juga untuk mengurangi efek sampah plastik di lingkungan sekitar.  “Ini adalah demi unţuk mengurangi sampah plastik di Pati,” ujarnya.

Dia melanjutkan, penerapan bahan yang ramah lingkungan dan mudah diurai oleh tanah, harus dimulai dari diri sendiri.

”Kemudian dengan memberikan contoh kepada orang lain, tentu hal yang baik itu juga akan ditiru oleh orang lain. Memang kita mulai dari diri kita sendiri,” terangnya.

Dia juga berharap agar intruksi yang dikeluarkan itu bisa dijalankan oleh seluruh kader Ansor maupun Banser yang menjadi panitia kurban. Mengingat, rata rata yang terlibat aktif dalam penyembelihan kurban adalah Banser.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...