Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kios Sembako Nyaris Terbakar Akibat Korsleting Listrik, Pedagang Pasar Bitingan Kudus Panik

MURIANEWS.com, Kudus – Salah satu kios sembako di Blok A Lantai dua Pasar Bitingan Kudus nyaris terbakar usai mengalami korsleting arus listrik, Senin (5/8/2019) pagi.  Beruntung, petugas pasar dibantu beberapa pedagang dengan cepat memadamkan titik api dengan Alat Pemadaman Api Ringan (APAR).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Bangungan, juga tidak mengalami kerusakan berat. Hanya, beberapa kabel yang terjadi korsleting meleleh di sebelah samping warung.

Meski begitu, kejadian yang berlangsung beberapa menit tersebut membuat geger seluruh pedagang di lantai dua pasar. Beberapa di antaranya bahkan coba untuk menyelamatkan barang dagangannya. Sebagian besarnya melihat titik api. Empat unit mobil pemadam kebakaran bahkan telah diterjunkan ke lokasi kejadian.

Sulasih, pemilik kios menjelaskan, kejadian bermula ketika pemilik kios lain menyalakan saklar lampu. Sepersekian detik kemudian terjadi percikan api di titik sekring dan melelehkan beberapa kabel.

Kondisi kabel di kios sembako meleleh karena korsleting arus listrik di lantai dua Pasar Bitingan Kudus. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

“Saya diberitahu, saya sedang tidak di warung tadi,” ucapnya sembari merapikan dagangannya sembari menahan air matanya.

Sulasih hanya bersyukur kebakaran tak terjadi. Mengingat kebakaran juga sempat melanda kiosnya beberapa tahun yang lalu. “Saya pasrah, semoga tidak ada kejadian seperti ini lagi,” tandasnya.

Ditemui terpisah, Sekretaris Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Kudus Andi Imam Santosa menjelaskan, berkaca dari kejadian ini penataan serta standarisasi kabel perlu dilakukan. “Ini merupakan persoalan di setiap pasar,” ucapnya.

Sementara ini, ia pun menyiasati dengan melengkapi kelengkapan APAR di tiap-tiap pasar. Selain itu, ia berencana akan memberikan pelatihan kebencanaan kebakaran di pasar-pasar dengan menggandeng BPBD Kudus.

“Beruntung, tadi penanganann dari petugas pasar cepat dan api tidak meluas. Selanjutnya kami akan mengagendakan pelatihan pemadaman api di pasar untuk pedagang dan petugas,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...