Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

3 Kontainer Biskuit dari Jateng Diborong Pengusaha Rusia, Nilainya Capai Rp 1,5 Miliar

0 9.871

MURIANEWS.com, Semarang – Berbagai produk dari Jawa Tengah kebanjiran order dalam Festival Indonesia Mosocw (FIM) 2019 di Rusia. Bahkan salah satu produk mendapat pemesanan sampai tiga kontainer.

Nilai pemesanan itu mencapai Rp 1,5 miliar. Produk yang banjir pesanan itu yakni biskuit Fine Choice. Biskuit asal Kabupaten Semarang ini memang tak bisa ditemukan di pasaran atau supermarket di Indonesia.

Karena menurut Direktur PT Choice Plus Makmur, Irawati Lukito, produk biskuitnya hanya melayani ekspor ataupun penjualan melalui e-commerce.

”Kami dapat order tiga kontainer dengan nilai per kontainernya lima ratus juta rupiah, buyer kami ingin memasarkan di supermarket di Rusia,” kata Irawati, Sabtu (3/8/2019.

Biskuit Fine Coice ini merupakan salah satu dari sejumlah produk asal Jateng yang mengikuti pameran di Taman Krasnaya Presnya, Rusia.

Selain biskuit, produk asal Jateng yang dipamerkan di FIM IV ini meliputi kain batik dan lurik, bulu mata, gula merah, aneka keripik buah, jamu, jelly, kerajinan kayu dan tas, sertal kopi. Mereka dikumpulkan dalam satu booth yang dikoordinir Pemprov Jateng.

Pemilik Batik Lurik Prasojo Klaten, Hanggo Wahyu Amerto, mengaku sangat senang bisa mengenalkan produknya ke Rusia. Ia berharap mendapat buyer baru dari Negeri Beruang Merah itu.

“Dukungan dari gubernur sangat membantu pengusaha dan UMKM seperti kami untuk memperkenalkan produk dari budaya Jawa Tengah,” ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, selain produk unggulan Jateng, dalam festival tahunan di Rusia itu, pihaknya juga mempromosikan wisata di Jawa Tengah.

Ini dilakukan lantaran tingkat kunjungan turis dari Rusia, meski menunjukkan peningkatan tapi belum maksimal.

Ia mencontohkan kunjungan turis Rusia ke Borobudur pada tahun 2016 sebanyak 3.149, tahun 2017 sebesar 4.209 dan 2018 sebesar 4.428.

”Dengan festival ini saya berharap akan banyak wisatawan Rusia yang berkunjung menikmati indahnya Jateng serta hubungan dagang dan investasi Jateng dan Rusia akan semakin bertambah erat dan menguntungkan kedua belah pihak,” pungkasnya.(lhr)

 

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.