MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dari Forum Indonesia Moscow, Rusia Bakal Impor Produk Jateng Senilai 6 Juta Dolar

0 148

MURIANEWS.com, Semarang – Delegasi Jawa Tengah yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo mengikuti Festival Indonesia Moscow (FIM) di Rusia. Dari festival ini Jateng akhirnya panen kerja sama baik di bidang impor maupun investasi.

Gubernur Ganjar Pranowo menyebut, Rusia telah sepakat untuk melakukan impor berbagai produk dari Jateng. Nilaninya cukup besar, yakni mencapai 6 juta dolar AS.

Berbagai produk yang diminati Rusia ini di antaranya produk kapsul jamu senilai USD 5.000.000, produk karagenan dan jelly USD 55.000 serta produk mebel USD 1.000.000.

Rusia juga memesan produk gula merah organik senilai total USD 100.000 dan produk kerajinan bambu senilai USD 6.000.

“Penandatanganan MoU antara pengusaha Jateng dan Rusia di Ritz Carlton Hotel Moscow, Kamis (1/8/2019),” kata Ganjar, Sabtu (3/8/2019).

Pencatatan ekspor di Moscow, lanjut Ganjar, memperkuat ekspor Jateng ke Rusia yang nilainya cenderung naik. Pada tahun 2017 sebesar 23 juta dolar Amerika naik menjadi 30 juta dolar Amerika pada 2018.

Komoditi ekspor yang paling banyak diminati Rusia selama ini yakni pakaian jadi bukan rajutan, alas kaki, kayu dan barang dari kayu, barang rajutan, dan perabot penerangan.

Selain berhasil mencatatkan kerja sama ekspor, Jateng juga dilirik investasi di bidang industri dan infrastruktur. Di antaranya dari PT Asia Starch International dan PT Dredolf Indonesia untuk Investasi Industri Starch Terintegrasi senilai 1 Milyar Euro.

Kemudian dari Evrascon juga berminat menjajaki investasi infrastruktur di Jateng seperti jalan, bandara, dan pelabuhan.

Menurut Ganjar, panen kerjasama ini tidak mengejutkan. Sebab provinsi yang dipimpinnya saat ini punya daya saing tertinggi di Indonesia.

Selain kondusifitas wilayah dan ketersediaan tenaga kerja dengan standar upah kompetitif, Jateng punya berbagai kemudahan investasi. Seperti pelayanan perizinan terpadu, reformasi peraturan perizinan dengan sistem online.

”Kemarin kita dapat peringkat pertama pada investment award oleh pemerintah pusat,” kata Ganjar.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.