Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembacaan Putusan PHPU Pileg Kudus Dijadwalkan Pekan Depan

MURIANEWS.com, Kudus – Putusan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif DPRD Kudus oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dijawalkan pekan depan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kudus Cahyo Maryadi, Sabtu (3/8/2019).

“Hingga kini rencananya pembacaan putusan PHPU pileg 2019 Kudus dijadwalkan pada tanggal 6-9 Agustus 2019. Untuk pastinya kami masih menunggu dari MK,” katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 tahun 2019 sebagai pengganti Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara PHPU menyebutkan bahwa sidang pengucapan putusan itu sekitar tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2019.

“Sedangkan untuk penyerahan putusan itu sekitar tanggal 6 sampai dengan 14 Agustus 2019,” ucapnya.

Dari tiga PHPU yang diajukan caleg DPRD Kudus, tinggal dua gugatan PHPU yang berlanjut. PHPU perkara nomor 158 dari partai Gerindra diputus dismissal. Gugatan tersebut tidak dilanjutkan ketahap pemeriksaan oleh MK.

”Sementara ada dua gugatan PHPU yang masih dilanjutkan. Yakni perkara nomor 45 dari partai Hanura dan perkara nomor 115 dari partai PAN. Kedua gugatan PHPU itu masih akan berlanjut ditahap selanjutnya yakni pemeriksaan oleh MK,” terangnya.

Terpisah, caleg DPRD Kudus Bambang Kasriono yang juga mengajukan gugatan PHPU mengatakan masih menunggu hasil putusan dari MK. Ia tak mau muluk-muluk terlebih dahulu untuk menanggapi hasil tersebut.

“Kami tunggu saja hasilnya. Doakan ya,” katanya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...