Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Dibersihkan, Tower Air Bundaran Simpanglima Purwodadi Jadi Makin Cantik

0 599

MURIANEWS.com, GroboganKondisi bangunan tower air PDAM yang berada tepat di tengah bundaran Simpanglima Purwodadi kini terlihat beda dari sebelumnya. Di mana, sebagian bangunan yang menjulang tinggi itu tampak lebih bersih dilihat dari kejauhan.

Makin bersihnya bangunan berusia puluhan tahun ini disebabkan aktivitas pembersihan yang dilakukan sejak beberapa hari lalu. Pembersihan tower ini merupakan bagian dari pekerjaan revitalisasi bundaran simpanglima tahap II yang dimulai sejak pertengahan Juni lalu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Grobogan Nugroho Agus Prastowo menyatakan, pekerjaan yang terkait dengan bangunan tower air itu hanya berupa pembersihan saja agar terlihat makin cantik. Pihaknya melakukan pembersihan dengan model coating pada keseluruhan bangunan. Mulai, dari dasar hingga ujung tower.

“Soal pembersihan tower ini sudah kita komunikasikan dengan PDAM selaku pemilik asetnya. Nantinya, pada tower air itu akan kita pasangi lampu sorot sehingga suasana malam di kawasan bundaran simpanglima jadi makin indah,” jelasnya.

Menurut Agus, pada tahun 2019 ini, proyek revitalisasi simpanglima dilanjutkan lagi dengan anggaran Rp 6,1 miliar. Pekerjaan pada tahap II lelangnya dimenangkan CV Bella dari Semarang dengan nilai penawaran Rp 5,9 miliar.

“Untuk pekerjaan tahap II ditarget rampung selama 180 hari hingga 18 November 2019. Saat ini, progres pekerjaan revitalisasi tahap II saat ini sudah mencapai 38 persen,” katanya.

Dijelaskan, pekerjaan pada tahap II adalah menata kawasan bundaran simpanglima sebelah dalam, hingga batas tower air milik PDAM yang berada tepat di tengah lokasi dan pematangan lahan sampai level 80 centimeter dari level 0 jalan.

Selanjutnya, pada sisi dalam bundaran akan dibuatkan belasan taman lingkar dan tempat untuk bersantai, swafoto serta sejumlah fasilitas lainnya. Selain itu ada pekerjaan pembersihan dan penataan lampu untuk tower simpanglima.

Agus menambahkan, pekerjaan revitalisasi bundaran simpanglima memang direncanakan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap I tahun lalu, kawasan simpanglima didesain dengan taman dalam, pedestrian taman, dan pembuatan drainase dengan sistem U-Ditch, pematangan lahan sampai level 80 centimeter dari level 0 jalan. Areal yang dikerjakan pada tahap I ini selebar sekitar 19 meter. Adapun anggaran revitalisasi tahap I sekitar Rp 4,8 miliar.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.