Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemenkominfo Sosialisasikan Program Petani Go Online di Grobogan

MURIANEWS.com, GroboganKementerian Kominfo (Kemenkominfo) menggelar sosialisasi program Petani Go Online pada kelompok tani dan penyuluh Dinas Pertanian Grobogan, Jumat (2/8/2019). Sosialisasi yang dibuka Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Grobogan Djono tersebut dihadiri Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Kemenkominfo Wijayanto.

Menurut Wijayanto, program Petani Go Online yang digelar di kawasan pertanian bertujuan untuk mendekatkan pasar lebih dekat dan cepat melalui bantuan teknologi digital. Kehadiran Petani Go Online merupakan salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi petani. Program ini dibuat dengan tujuan untuk mendorong pemanfaatan teknologi agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

“Hasil akhir yang diharapkan petani akan lebih mudah mendapatkan informasi bahan baku dan harga, menjual hasil produksi dan pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Grobogan Djono menambahkan, ada beberapa fasilitas yang didapatkan petani melalui program ini. Antara lain, marketplace pertanian nasional yang memungkinkan petani memiliki akses langsung kepada pembeli, penyuluh pertanian berbasis online, serta Informasi pengendalian stok nasional untuk mengantisipasi kelangkaan bahan pokok.

Melalui program ini akan mempermudah kinerja petani dalam pendataan dan informasi tentang pertanian. Hal ini akan semakin mempermudah dalam pemasaran hasil pertanian.

Ditambahkan, hadirnya aplikasi online ini disisi lain bisa memotong rantai tata niaga pemasaran sehingga menjadi lebih pendek. Melalui aplikasi ini bisa membantu menyetabilkan harga saat panen raya serta memperluas jangkauan pasar.

“Lewat aplikasi ini, petani bisa mendapatkan pembeli dengan harga yang lebih tinggi. Selain bisa untuk pemasaran, aplikasi juga bisa dimanfaatkan untk memantau berbagai harga komoditas terkini. Kami nanti akan meminta para penyuluh supaya bisa menyebarluaskan program ini kepada petani,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...