Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Unsoed Serahkan Hasil Tes Pengisian Perangkat Desa di Kudus ke Panitia

MURIANEWS.com, Kudus – Pusat Pengembangan Perdesaan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) menyerahkan hasil tes pengisian perangkat desa di GOR Wergu Wetan Kudus, Jumat (2/8/2019). Hasil tes tersebut diserahkan kepada seluruh panitia seleksi pengisian perangkat desa.

Ketua Kerjasama Pusat Pengembangan Perdesaan dan Pengabdian Maysarakat Unsoed Hariyadi mengatakan, hari ini pihaknya telah menyerahkan hasil tes pengisian perangkat desa kepada pihak panitia di masing-masing desa. Diketahui ada sebanyak 44 desa di Kudus yang mengikuti tes pengisian perangkat desa tersebut.

“Ini kami mengadakan serah terima kepada masing-masing panitia seleksi pengisian perangkat desa,” ujarnya kepada awak media, Jumat (2/8/2019).

Ia mengatakan, sebelumnya, Kamis (1/8/2019) kemarin pihaknya telah mengadakan tes pengisian perangkat desa. Ada sebanyak 1.394 calon perangkat desa yang mengikuti tes tersebut. Di antaranya dari Kecamatan Kaliwungu ada 12 desa, kemudian di Kecamatan Jati ada sembilan desa, lalu Kecamatan Undaan ada 12 desa, Kecamatan Mejobo ada empat desa, Kecamatan Jekulo ada tujuh desa, Kecamartan Gebog ada lima desa, dan Kecamatan Dawe ada sebanyak 12 desa.

“Sebelum menyerahkan hasil tes, tadi juga sempat ada tes ulang bagi lima desa. Ini karena nilai peserta sama. Sehingga dilakukan tes lagi. Untuk posisi yang dites lagi yakni sekdes dan kaur umum,” terangnya.

Saat ini, hasil tersebut telah diserahkan kepada panitia. Dengan begitu, hasil tersebut sudah menjadi kewenangan dari masing-masing panitia di masing-masing desa. Pihaknya, hanya sebatas melaksanakan tes pengisian perangkat desa.

“Monggo mau diapakan. Yang jelas peserta sudah tahu nilai tertingginya berapa,” ucapnya.

Terpisah, salah satu Ketua Panitia Pengisian Perangkat dari Desa Klaling, Kecamatan Jekulo Sugito mengatakan, setelah menerima hasil tes pengisian perangkat desa, pihaknya akan menyampaikan hasil tersebut kepada kepala desa. Kemudian untuk ditetapkan oleh kepala desa.

“Di desa kami ada satu formasi, yakni sekdes. Setelah ada hasil ini, tahapan selanjutnya panitia akan rapat dengan kades. Dan untuk penetapan menjadi sekdes nanti kewenangan kepala desa. Kita akan menyampaikan kepada kepala desa, sesuai jadawal diberikan yakni, 2-4 Agustus 2019 ini,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap agar sekdes yang nantinya akan ditetapkan mampu bekerja sesuai dengan tupoksinya. Sehingga Desa Klaling semakin baik dan berkualitas.

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...