Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

1.394 Calon Perangkat Desa di Kudus Ikuti Tes CAT

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 1.394 calon perangkat desa mengikuti tes CAT yang digelar Pusat Pengembangan Perdesaan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) di GOR Wergu Wetan Kudus, Kamis (1/8/2019).

Ketua Kerjasama Pusat Pengembangan Perdesaan dan Pengabdian Maysarakat Unsoed Hariyadi mengatakan, ke-1.394 calon perangkat desa tersebut berasal dari beberapa desa di Kabupaten Kudus.

“Seperti di Kecamatan Kaliwungu ada 12 desa, kemudian di Kecamatan Jati ada sembilan desa, lalu Kecamatan Undaan ada 12 desa, Kecamatan Mejobo ada empat desa, Kecamatan Jekulo ada tujuh desa, Kecamartan Gebog ada lima desa, dan Kecamatan Dawe ada sebanyak 12 desa,” terangnya saat ditemui di lokasi tes pengisian perangkat desa di GOR, Kamis (1/8/2019).

Ia mengatakan, pada tes tersebut akan dibagi dalam tujuh sesi. Tes pengisian perangkat desa dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai.

“Untuk tes sesuai dengan jabatan pengisian perangkat desa. Seperti sesi pertama nanti untuk jabatan sekdes, sesi berikutnya perangkat desa yang lain,” ungkapnya.

Adapun untuk materi tes pengisian perangkat desa berdasarkan peraturan bupati akan ada beberapa materi. Pertama tentang pengetahuan secara umum, kemudian undang-undang otonomi desa, undang-undang desa, dan ketiga terkait dengan tupoksi masing-masing perangkat desa.

Sementara itu, Imron Rusyadi salah satu peserta mengaku mendaftar sebagai sekdes di Desa Terban Kecamatan Jekulo. Dalam tes itu ia mengerjakan sebanyak 100 soal ujian.

“Nilainya belum lihat. Untuk hasil tadi bisa langsung ditempel di papa pengumuman di sekitar GOR,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...