Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dispertanak Pati Sebar Tim Khusus Periksa Hewan Kurban

MURIANEWS.com, Pati – Menjelang Hari Raya Idhul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati mulai membentuk tim untuk memantau kelayakan hewan kurban. Nantinya, mereka akan ditempatkan di masing-masing kecamatan.

Kepala Dispertanak Pati Muhtar Efendi mengatakan, saat ini tim sudah terbentuk. Mereka terdiri dari para dokter hewan yang nantinya akan mengecek kelayakan hewan kurban.

“Jadi tidak sembarang hewan yang bisa dikurbankan. Kalau nanti dalam tubuh hewan itu ada cacing pita, kan bisa membahayakan warga yang mengonsumsi,” katanya, Kamis (1/8/2019).

Lebih dari itu, pemeriksaan fisik luar hewan sudah pasti akan dilakukan. Setelah dilakukan pemotongan, bagian dalam hewan juga akan kembali diperiksa.

“Tidak cukup hanya memeriksa fisik luar untuk mengetahui hewan tidak cacat dan berpostur sehat saja. Bagian dalam hewan seperti hati, limpa, dan jantung juga kami periksa untuk mengetahui ada atau tidaknya cacing hati atau penyakit hewan lainnya seperti mulut dan kuku,” ujarnya.

Warga juga diminta untuk berhati-hati ketika memilih hewan kurban. Ada kriteria yang setidaknya bisa menjadi patokan untuk memilih hewan kurban.

“Hewan kurban harus sehat, postur bagus, tidak pincang, lincah, nafsu makan dan minum juga bagus, umur cukup. Kambing berumur satu tahun dan sapi minimal dua tahun,” ungkapnya.

Muhtar juga mengatakan, mata kambing maupun sapi tidak boleh kotor dan berwarna merah. Selain itu, mulut hewan kurban tersebut tidak boleh dalam keadaan menganga ataupun ngiler.

“Ekor juga dari pangkal sampai ke ujung harus bersih. Kulit tidak ada parasitnya,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...