Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Alun-Alun Pati Pakai Energi Ramah Lingkungan, Ada Solar Panel untuk Charging HP Gratis

MURIANEWS.com, Pati- Proses revitalisasi Alun-alun Pati, saat ini sudah mencapai 60 persen. Pihak penggarap pun berusaha keras agar pembangunan itu sesuai dengan target yang ditentukan.

Dalam proses revitalisasi ini, nantinya alun-alun akan dilengkapi dengan energi ramah lingkungan. Salah satunya dipasangnya solar panel yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi listrik alternatif.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pati Ahmad Faisal melalui Pengawas Lapangan Ariyanto Wibowo mengatakan, pemasangan solar panel ada di satu titik lokasi di sebelah barat alun-alun.

Menurutnya, satu titik solar panel tersebut nantinya terdiri dari beberapa stop kontak. Hanya saja, saat ini pihak penggarap baru proses pemasangan tiang yang digunakan untuk panel surya.

“Itu juga untuk keamanan baterai juga. Solar panel itu hanya untuk charge ponsel sekaligus sebagai media informasi tentang energi ramah lingkungan,” katanya, Rabu (31/7/2019).

Dia mengaku, secara keseluruhan konsepnya memang menggunakan energi ramah lingkungan. Akan tetapi, karena anggarannya terbatas, pemasangannya hanya di titik-titik penting strategis saja.

“Penggunaan energi yang ramah lingkungan sudah diterapkan, yakni penggunaan lampu LED di semua elemen taman, penggunaan sprinkler untuk tanaman rumput. Dengan sprinkler itu, airnya bisa merata dengan waktu yang cepat sehingga bisa hemat air,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap, dengan penggunaan energi ramah lingkungan itu, pengeluaran untuk listrik yang menggunakan PLN bisa ditekan semaksimal mungkin.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...