Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Genjot Sektor Wisata, Kecamatan Undaan Gelar Festival Wedangan Bulan Purnama

0 121

MURIANEWS.com, Kudus – Kecamatan Undaan, Kudus menggelar festival Wedangan Bulan Purnama di Taman Rembulan, Desa Wates, Selasa (30/7/2019) semalam. Total, ada 13 minuman beserta makanan ringan khas Undaan dijajakan secara gratis untuk masyarakat.

Ke-13 minuman tersebut di antaranya, wedang sari kacang hijau, wedang bajigur, wedang rempah, wedang kopi klotok, dan wedang coro. Tersedia juga wedang ronde prawan kalimantan, wedang coro kekinian, wedang sereh, dan wedang secang.

“Kemudian ada wedang alang, wedang blung, jahe, dan tape ketan,” kata Camat Undaan Rifa’i Nawawi malam tadi pasca peresmian.

Ratusan masyarakat terpantau memadati stan-stan minuman yang di display pada alas tampah. Terang lampu entir yang remang dipadukan dengan musik campur sarian pun menambah suasana jawa yang kental.

“Kami memang sengaja membangun atmosfer jawa yang nyaman di sini,” lanjutnya.

Setiap wedangan dibuat sendiri oleh masyarakat. Termasuk dengan makanan ringan pendampingnya, seperti geplak, gandos, cucur, hingga ento-ento. “Sebagian besar dibuat oleh masyarakat asli sini,” terangnya.

Melihat antusiasme masyarakat, Wedangan Bulan Purnama akan digelar di tiap pertengahan bulan atau tepat pada bulan purnama. Konsep outdoor diusung agar para penikmat wedang bisa melihat terangnya bulan di langit.

“Supaya pengunjung tambah nyaman dengan suasananya,” kata Rifa’i

Pencanangan wisata wedangan bulan purnama sebagai destinasi lokal juga dilakukan. Dengan harapan, rintisan wisata bisa berkembang lebih besar lagi. Sembari memberdayakan sumber daya manusianya.

“Perlahan tapi pasti kami rintis, kami kembangkan supaya menjadi destinasi wisata kuliner yang ditunggu-tunggu,” terangnya.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Adhi Sadono mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, inovasi-inovasi yang dijalankan desa, bisa memicu peningkatan kualitas SDM masyarakatnya.

“Bisa memicu pengembangan masyarakat. Perputaran ekonomi juga diharapkan bisa terjadi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhan
Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.