Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

“Ngeja Kahanan” Meriahkan Penampilan FASBuK di Auditorium UMK

0 50

MURIANEWS.com, Kudus – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya. Kali ini menampilkan pertunjukan musik sastra dan diskusi “Ngeja Kahanan” di Auditorium Universitas Muria Kudus, Senin (30/7/2019).

Pada edisi bulan ini panggung FASBuK menghadirkan sajian pertunjukan Musik Sastra dari kelompok musik Gagego Moesik Kampoeng.  “Ngeja Kahanan”  petikan syair pada salah satu lagu Gagego moesik kampoeng.

Ketika seorang anak kampung yang bersinggungan dengan warna warni kehidupan kampung, membaca keadaan dan persoalan yang ada. Baik itu tentang alam, tentang kehidupan sosial kemasyarakatan, bahkan lebih luas tentang Indonesia.

“Mengeja dalam arti membaca lebih teliti adalah mensikapi keadaan serta persoalan dengan lebih berhati-hati, lebih arif, lebih santun,” kata Ketua Badan Pekerja FASBuK Arfin AM.

Kesederhanan seorang anak kampung yang setiap harinya bersinggungan dengan kehidupan kampung yang penuh keakraban, guyub rukun, gotong-royong dan sikap unggah-ungguh tata krama pada yang lebih tua. Hal ini mempengaruhi penyikapan dalam berbagai macam persoalan.

“Seperti yang dicontohkan orang tua kita, berembug ketika menemukan masalah untuk mencari penyelesaian (pada lagu dirembug). Jadilah seperti “pring Sedapur” rukun, jangan terpecah belah,” terangnya.

Ditambahkan dia, FASBuK berdiri sejak 12 Januari 2009, FASBuK adalah ruang kerja fisik dan pemikiran untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal.

Nantinya mampu menjadi aset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

“Secara rutin tiap bulannya FASBuK menggelar acara Sastra dan Seni Budaya yang meliputi Apresiasi Sastra, Sarasehan Budaya, Pertunjukan Musik, Tari dan Pementasan Drama/Teater, dan sebagainya,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.