Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Camat Tlogowungu Dorong Dana Desa Tak Hanya untuk Bangun Jalan

MURIANEWS.com, Pati – Melalui bursa inovasi desa, Camat Tlogowungu mendorong para pemerintah desa untuk memaksimalkan Dana Desa (DD) pada aspek pemberdayaan. Sehingga, pemanfatan DD maupun alokasi dana desa (ADD) yang diterimanya tidak sekadar untuk pembangunan infrastruktur, tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Setidaknya, DD yang diterima desa setiap tahunnya mencapai ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Hanya, dalam pemanfaatannya belum maksimal.

Sebagian besar dari tahun ke tahun hanya berkutat untuk pembangunan fisik (infrastruktur) berupa pembangunan jalan atau pembangunan talut.

“Sebagaimana komitmen yang telah dibuat oleh masing-masing desa oleh kepala desa ini, untuk pengembangan pembangunan di wilayah Tlogowungu ini, untuk hal ekonomi dan SDM,” jelas Camat Tlogowungu Jabir, Selasa (30/7/2019).

Sehingga menurut dia, pembangunan tidak hanya terfokus pada infrastuktur, karena mayoritas juga sudah memadahi. Yang lebih penting lagi adalah diarahkan pada pemberdayaan ekonomi desa. Sehingga masyarakat bisa terangkat kesejahteraan dan perekonomiannya.

Jabir menyebut, kegiatan bursa inovasi Tlogowungu ini diikuti oleh 15 desa yang ada di Kecamatan Tologowungu.

Dengan harapan agar setiap desa dapat memberdayakan potensi yang ada. Karena menurutnya, Kecamatan Tlogowungu mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan memalui tangan-tangan kreatif dan inovatif.

“Salah satu unggulan di Tlogowungu yaitu adanya wisata alam pohon pinus dan produk kopi dengan berbagai macamnya. Selain itu kita punya batik, asli dari Desa Cabak, yang nanti kita akan bantu marketingnya,” ujarnya.

Ke depan, dengan adanya bursa inovasi desa di Kecamatan Tlogowungu ini, berbagai produk yang ada bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa.

“Itu harapan kami bersama. Semoga dengan adanya inovasi desa ini, harapn itu bisa terwujud,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...