Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

SE Ganjar Soal Potongan 2,5% Gaji ASN Bikin Penerimaan Zakat Baznas Jateng Tertinggi Nasional

0 840

MURIANEWS.com, Semarang – Penerimaan zakat Badan Zakat Nasional (Baznas) Jateng tercatat paling tinggi di tataran nasional. Tiap bulan Baznas Jateng menerima zakat yang nilainya mencapai Rp 4,7 miliar.

Atau selama tahun 2019 ini potensi zakat infaq sadaqah (ZIS) yang diterima Baznas Jateng bisa mencapai Rp 56,4 miliar. Padahal, sebelumnya selama tahun 2018 badan ini hanya menerima Rp 31,7 miliar saja.

Lonjakan penerimaan ZIS ini menurut Ketua Baznas Jateng, KH Ahmad Darodji berkat surat edaran (SE) yang dikeluarkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dalam SE itu disebutkan, setiap bulan gaji aparatur sipil negara (ASN) dipotong 2,5 persen.

Sementara jumlah ASN di lingkungan Pemprov Jateng mencapai 42.679 orang. Sehingga penerimaan zakat maupun infaq oleh Baznas meningkat drastis.

Menurut Darodji, zakat yang diterima Baznas digunakan untuk sektor-sektor produktif. Seperti permodalan usaha tanpa bunga, hingga beasiswa pendidikan mulai dari S1 hingga S3. Selain itu juga digunakan untuk bedah rumah tak layak huni.

“Pemanfaatan dana zakat tersebut, lanjut pria yang juga menjabat Ketua MUI Jateng itu juga didorong turut memberi dampak pada penurunan angka kemiskinan. Makanya program dari BAZNAS juga memberi pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kerja masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS Pusat Prof Dr Munzier Suparta dalam Baznas Jateng Award Senin (29/7/2019) mengakui jika xapaian Baznas Jateng tertinggi di tingkat nasional.

Dia mengatakan, peran sentral pemimpin daerah memang menjadi indikator utama pertumbuhan tersebut. Bahkan menurutnya, kebijakan Ganjar yang mengeluarkan SE potongan gaji 2,5 persen patut ditiru gubernur lain.

“Ini harus ditiru gubernur seluruh Indonesia. Karena pada hakikatnya, ketika zakat tumbuh, bukan hanya prestasi Baznas tapi juga pemerintah. Ini juga jalur sinergi untuk menjalankan program pemerintah,” terangnya.

SE Gubernur Jateng tentang potongan langsung dari gaji ASN sebesar 2,5% itu dikeluarkan setelah menerima laporan dari Baznas terkait penerimaan serta pemanfaatan zakat sepanjang 2018.

Ganjar yang bertekad menurunkan angka kemiskinan di Jateng berinisiatif memperbesar penerimaan dan distribusi zakat di Jateng. Bahkan dalam enam bulan terakhir saja angka kemiskinan di Jateng turun mencapai 124,2 ribu jiwa.

Ganjar juga mengaku bersyukur inisiatifnya itu ditiru oleh pemerintah kabupaten/kota se Jawa Tengah.

“Saya berterimakasih pada Baznas Jateng, dengan ini ZIS akan dibayar dengan baik dan dikelola secara akuntabel. Karena banyak persoalan yang terselesaikan dengan zakat,” terangnya. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.