Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Simulasi Pembentukan Fraksi, di DPRD Jepara Bisa Muncul 7 Fraksi

0 139

MURIANEWS.com, Jepara – Partai-partai politik di Jepara sampai saat ini masih terus melakukan loby-loby terkait dengan rencana pembentukan Fraksi di DPRD Jepara. Namun demikian, dari informasi yang berkembang, belum semua partai mengambil keputusan.

Dari beberapa partai yang hingga saat ini belum mengambil keputusan adalah Perindo. Partai yang berhasil meraih dua kursi di Parlemen Jepara ini masih terus mengatur strategi. Kendati PDIP sudah melakukan pendekatan, namun keputusan belum juga diambil Perindo.

Ketua DPD II Perindo Jepara, Masrikan membenarkan tentang hal itu. Selain PDIP, partainya juga didekati oleh beberapa partai. Di antaranya adalah PAN, yang mengajak untuk mencoba kemungkinan membentuk satu fraksi tersendiri.

Namun seperti halnya kepada pihak PDIP, pihaknya belum menyampaikan keputusan. Masalah ini diakuinya memang sangat urgen dan tidak bisa begitu saja diputuskan.

Pihaknya masih akan terus berhitung, mengenai manfaat dan risiko yang harus ditanggung partainya bisa bergabung dengan salah satu partai tersebut.

“Bahkan bisa jadi saya harus menyampaikan situasi ini kepada DPP di Jakarta. Apapun keputusannya kami akan melaksanakannya. Segera saja kami akan sampaikan, jika memang sudah ada keputusan partai kami,” ujar Masrikan, Senin (29/7/2019).

Terpisah, Ketua DPC PDIP Jepara, Andang Wahyu Triyanto mengakui, pihaknya masih terus menunggu sikap Perindo. Secara langsung pihaknya sudah melakukan pembicaraan.

Bahkan jika memang Perindo bersedia, pihaknya siap memberikan posisi wakil ketua fraksi kepada mereka.

PDIP Jepara dalam hal ini memang bisa membuat fraksi sendiri, karena memiliki 8 kursi di DPRD Jepara. Namun karena pertimbangan yang lebih jauh, pihaknya berharap bisa mengajak Perindo bergabung dalam satu fraksi.

Sehingga pada tahun suksesi 2022, fraksi yang terbentuk bisa mengajukan calon pimpinan daerah secara mandiri.

“Itu rencana kami. Tapi semua tergantung pada Perindo juga. Yang jelas kami sudah mencoba membangun komunikasi dengan mereka. Kami menunggu saja,” ujarnya.

Melihat komposisi, dan syarat minimal 4 kursi untuk bisa membentuk fraksi, maka simulasi pembentukan fraksi di DPRD Jepara, kemungkinan bisa melahirkan 7 fraksi.

Dari perkembangan yang saat ini terjadi, PKS, Demokrat, Hanura dan Berkarya dikabarkan sudah semakin solid untuk membentuk satu fraksi, dengan 6 kursi yang dikumpulkan.

Lalu, ada 5 partai besar yang memungkinkan bisa membuat fraksi sendiri. Mereka adalah PPP, Gerindra, PDIP, PKB dan Golkar.

Selanjutnya masih tersisa dua partai Perindo dan PAN, yang jika diakumulasikan mendapatkan 4 kursi dan memenuhi syarat minimal untuk membuat fraksi sendiri.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.