Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengrajin Kuningan di Pati Butuh Perhatian Pemerintah

0 150

MURIANEWS.com, Pati – Kabupaten Pati  sejak dahulu memang kaya akan produk-produk kerajinannya. Seperti halnya kuningan Juwana yang mampu menembus pangsa pasar Internasional. Hal itu tidak serta merta berjalan mulus, akan tepai terdapat pasang surut. Terlebih, dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai ekspor material.

Hal itu diakui oleh Manager Sampurna Kuningan Juwana Tri Yoga Septiantoro. Dirinya mengaku, perhatian pemerintah dalam hal ini diakuinya sangat penting.

“Dalam artian yang sifatnya meringankan bagi kami. Seperti kebijakan-kebijakan yang lebih menguntungkan bagi kami,” katanya, Minggu (28/7/2019).

Dia juga mengaku, terutama untuk bahan baku yang digunakan, dalam kebijakan harus setara dengan bahan baku ekspor. Tentunya itu akan sangat berat bagi usaha mikro kecil.

“Kebijakan seperti ini kan sangat sulit bagi kami. Belum lagi para pengrajin kuningan yang lain,” imbuhnya.

Lebih dari itu, pengrajin kuningan Juwana tengah fokus pada kerajinan lokal. Dari kerajinan lokal kemudian mampu menembus pasar internasional.

“Barang ekspor tentunya yang antik dan modern. Yang kami ekspor ke USA biasanya fokus di barang antik, sedangkan Asia lebih ke modern,” ungkapnya.

Dia mengaku sudah ada ribuan produk yang sudah diproduksi dan dipasarkan hingga mancanegara. Bahkan, setiap bulannya, dia mempunyai ratusan produk baru.

“Harapan kami, semoga kerajinan kuningan ini bisa terus maju dan berkembang. Kalau bisa harga bahan bakunya bisa lebih murah lah,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.