MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Laporan Langsung dari Jakarta

Ini Alasan Tamzil Tak Merasa Bersalah Meski 2 Kali Tertangkap Kasus Korupsi

0 2.423

MURIANEWS.com, Jakarta – Bupati Kudus HM Tamzil ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan jual beli jabatan di lingkup Pemkab Kudus. Ini adalah kasus kedua yang menjerat Tamzil terkait tindak pidana korupsi.

Meski demikian Tamzil tak merasa bersalah. Ia mengaku tak melakukan kesalahan. Pun termasuk kasus korupsi yang kali pertama dilakukan beberapa tahun lalu, hingga Tamzil harus mendekam di sel tahanan.

“Kalau yang pertama itu, saya juga e… istilahnya tidak ada kerugian negara,” kata Tamzil.

Orang nomor satu di Kudus itu merasa tak bersalah meski putusan hakim menyatakan dia divonis penjara selama 1 tahun 10 bulan. Ia kemudian dibebaskan secara bersyarat pada Desember 2015. “Saya hanya salah prosedur,” akunya.

Seperti diketahui, pada pertengahan tahun 2014, Tamzil terseret kasus korupsi pengadaan sarana dan prasarana pendidikan Kabupaten Kudus tahun 2004, saat ia masih menjabat sebagai Bupati Kudus.

Pada tanggal 29 September 2014, di Pengadilan Tipikor Semarang, Tamzil divonis penjara selama 22 bulan karena terbukti merugikan negara sebanyak Rp 2,8 miliar.

Sementara untuk kasus kedua yang menjeratnya saat ini, Tamzil juga mengaku tidak salah. Ia menyebut tak memerintahkan bawahannya untuk mencarikan uang suap sebesar Rp 250 juta yang dituduhkan KPK.

“Saya tidak pegang uangnya. Saya tidak perintah,” akunya.

Ia juga menyebut, uang ratusan juta yang diduga suap untuk membayar utang pembayaran mobil itu bukan atas perintahnya. Melainkan inisiatif staf khusunya, yakni Agus Suranto. “Itu stafsus saya,” kata Tamzil.

Meski demikian, KPK tak begitu saja percaya dengan pengakuan Tamzil. KPK meningkatkan kasus itu menjadi penyidikan dengan menetapkan Tamzil dan Agus Suranto dan Akhmad Soyan Plt Sekdin DPPKAD sebagai tersangka dan menahan mereka.

Bahkan KPK tengah mempertimbangkan untuk memberikan menerapkan hukuman maksimal untuk Tamzil dan Agus Suranto. Pasalnya, kedua orang ini telah dua kali terlibat dalam kasus korupsi.

“Bisa nanti hukumannya sampai setara hukuman mati. Tapi itu nanti, masih pengembangan belum diputuskan,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.