MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Peternak Sapi dan Kambing di Blora Semarakkan Lomba Ternak 2019

0 64

MURIANEWS.com, Blora – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakikan) Blora menyelenggarakan lomba ternak sapi dan kambing di lapangan Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, Kamis (25/7/2019). Lomba yang dirangkai dengan pengobatan ternak gratis dan vaksinasi sapi diikuti oleh ratusan sapi unggulan milik para peternak dari perwakilan 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora.

Lomba ternak dihadiri Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Lalu M Syafriadi, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Suryanto, Kepala Disnakikan Gundala Wijasena, Sekretaris Diskominfo Supandargono, dan forkompimcam Kecamatan Ngawen.

Kepala Disnakikan Gundala Wijasena mengungkapkan, Kabupaten Blora saat ini memiliki potensi jumlah sapi terbanyak di Jawa Tengah dengan jumlah populasi mencapai 239 ribu ekor. Pada tahun 2018, jumlah populasi berkisar 231 ribu ekor dan tahun 2017 sebanyak 222 ribu ekor.

“Populasi sapi yang kita miliki selalu naik tiap tahun. Saat ini, populasi sapi di Blora merupakan yang terbanyak di Jateng,” katanya.

Sejumlah peternak kambing meramaikan lomba ternak 2019 di Blora. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Ia menjelaskan, lomba ternak rutin digelar tiap tahun. Tujuannya untuk menyemangati para peternak dalam memelihara sapinya agar bisa tumbuh dengan baik dan benar, sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih baik

Dalam kegiatan tersebut dilombakan empat macam kategori ternak. Yakni, sapi bibit jantan dan betina peranakan ongole, sapi eksotis hasil penggemukan, sapi penggemukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan kambing peranakana etawa.

Sekda Blora Komang Gede Irawadi mengapresiasi tingginya antusias petani peternak yang mengikuti lomba ternak tersebut. Menurutnya, dengan lomba ini, para petani ternak akan tahu mana sapi sehat dan gemuk dari hasil pemeliharaan yang benar dan mana sapi yang dipelihara hanya dengan cara asal-asalan.

“Selain itu  kegiatan ini juga untuk mengetahui perkembangan produk unggulan peternakan daerah. Mereka bisa saling bertukar informasi, wawasan dan pengalaman dalam hal budidaya sapi yang baik dan menguntungkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng Lalu M Syafriadi mengatakan, kontes ternak di Kabupaten Blora ini dinilai sangat bagus dan perlu di lakukan setiap tahunnya.

“Kontes ini merupakan gambaran ternak yang ada di kabupaten Blora. Seperti kita ketahui bersama, Blora merupakan kabupaten lumbung ternak terbanyak di provinsi jawa tengah.  Hal ini tentu perlu dipertahankan untuk ikut menyukseskan swasembada daging ditingkat nasional” ungkap Lalu

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.