Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Kudus Minta Caleg DPRD Kudus Sabar Tunggu Penetapan Calon Terpilih

MURIANEWS.com, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus meminta agar semua pihak bersabar menunggu penetapan perolehan kursi dan penetapan calon legislative DPRD Kudus terpilih. Ini lantaran masih ada dua calon legislatif DPRD Kudus yang tengah mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kudus Cahyo Maryadi mengatakan, pihaknya meminta kepada semua caleg untuk bersabar menunggu penetapan perolehan kursi hingga sidang PHPU usai.

“Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi yang meneliti, memeriksa, dan mengadili perkara PHPU pastinya akan memberikan putusan yang seadil-adilnya. Untuk itu, semua pihak maupun para peserta pemilu harus sabar dan mampu menahan diri hingga PHPU selesai,” katanya, Kamis (25/7/2019).

Ia mengatakan, sidang PHPU itu bersifat final dan mengikat jadi tidak ada upaya hukum lainnya. Apapun yang diputuskan oleh Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi harus diterima dengan lapang dada.

“Termasuk kami sebagai penyelenggara akan menghormati dan melaksanakan putusan tersebut,” lanjutnya.

Lebih lanjut, berdasarkan Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 1 tahun 2019 sebagai pengganti Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan Kegiatan dan Jadwal Penanganan Perkara PHPU menyebutkan bahwa sidang pengucapan putusan itu sekitar tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus 2019.

“Sedangkan untuk penyerahan putusan itu sekitar tanggal 6 sampai dengan 14 Agustus 2019,” ucapnya.

Sementara, berdasarkan PKPU Nomor 14 tahun 2019 sebagai pengganti PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan umum meneyebutkan bahwa penetapan perolehan kursi dan calon terpilih pasca putusan mahkamah konstitusi yaitu maxsimal dalam waktu  lima hari sejak putusan itu diterima KPU.

“Sehingga dari KPU nantinya akan segera menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kudus,” tandasnnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...