Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Samsat Kudus Optimistis Capai Target Penerimaan PKB Tahun Ini

MURIANEWS.com, Kudus – Samsat Kudus optimistis bisa mencapai target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada tahun 2019 ini. Apalagi, perbulan Juni 2019 lalu, realisasi penerimaan pajak di Samsat Kudus sudah mencapai di atas 50 persen lebih.

“Untuk realisasi penerimaan pajak di Samsat Kudus kami yakni bisa terpenuhi,” kata Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kudus, Wibowo saat ditemui, Selasa (23/7/2019).

Ia mengatakan, untuk peneriman pajak meliputi beberapa jenis. Pertama pajak kendaraan bermotor, kedua bea balik naman kendaraan bemotor, dan pajak penerimaan lain-lain seperti pajak denda PKB.

Untuk pajak kendaraan bermotor target penerimaan tahun ini sebesar Rp 136,86 miliar. Realisasi penerimaan hingga bulan Juni 2019 mencapai Rp 71,46 miliar. Artinya realisasi penerimaan sudah mencapai 52,22 persen.

“Berikutnya untuk penerimaan bea balik nama kendaraan bermotor ditargetkan Rp 104,92 miliar. Realisasi hingga bulan Juni lalu sudah Rp 56,17 miliar. Sudah 53 persen,” ungkapnya.

Sementara untuk penerimaan lain-lain seperti denda PKB hingga bulan ini sudah mencapai Rp 75,38 juta. Padahal bulan sebelumnya hanya diangka Rp 66,23 juta.

“Ada penambahkan denda PKB sebesar Rp 9,14 juta,” jelasnya.

Apalagi dari pemilik 400 ribu kendaraan bermotor, 75 persen di antaranya adalah wajib pajak. Mereka pun diketahui taat membayar pajak kendaraan bermotor.

“Sementara sisanya 25 persen ini yang los. Mereka mungkin karena kendaraannya rusak, ndak bayar pajak, kendaraannya sudah tua, atau mungkin kendaraan karena kecelakaan. Sehingga 25 persen ini tidak membayar pajak kendaraan bermotor,” ungkasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...