Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kemarau, Ladang Tebu di Dermolo Jepara Terbakar

MURIANEWS.com, Jepara – Kebakaran ladang tebu kembali terjadi di Jepara. Pada Selasa (23/7/2019), kebakaran terjadi di ladang tebu di Desa Dermolo, Kembang, Jepara. Kejadian ini sempat membuat panik masyarakat, sebelum akhirnya berhasil dipadamkan.

Kasi Penanggulangan Kebakaran di Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Jepara, Surana membenarkan hal ini. Peristiwa kebakaran ladang tebu, sehari sebelumnya sudah terjadi di Desa Krasak, Pecanggan, Jepara. Terbaru, kejadian yang sama terjadi di ladang tebu di Desa Dermolo.

Pada kejadian Selasa (23/7/2019), pihaknya harus mengerahkan 3 unit mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi keadaan. Kebakaran tersebut diduga karena keteledoran para pekerja tebu yang membakar sisa panen tebu mereka.

Pada kebakaran yang terjadi di Desa Dermolo, ada tiga titik api yang sempat membesar. Masyarakat sekitar sempat panik dan khawatir. Api yang membesar dan tiupan angin membuat mereka waswas, khawatir kebakaran akan menjangkau pemukiman penduduk.

“Penyebab kebakaran diduga karena kelalaian para pekerja yang membakar limbah sisa tebu. Saat membakar limbah tersebut, angin bertiup cukup kuat. Api langsung merembet apalagi saat ini kemarau mulai terjadi,” ujar Surana, Selasa (23/7/2019).

Setelah dilakukan upaya keras dari petugas dan masyarakat, akhirnya tiga titik api yang sudah membesar berhasil dipadamkan. Dalam kejadian ini tidak ada ada korban jiwa, selain terbakarnya sejumlah tanaman tebu.

Surana berharap kejadian ini bisa membuat para petani tebu bisa bersikap hati-hati. Pembakaran limbah tebu harus dilakukan dengan cara yang bertanggungjawab. Cuaca panas dengan angin kencang, bisa menimbulkan ancaman kebakaran jika pembakaran dilakukan secara serampangan.

“Untuk petani tebu mohon jangan membakar limbah sisa panen tebu, karena musim kemarau sulit air dan tiupan angin yang kencang. Kebakaran mudah terjadi,” imbuhnya.

Kasus kebakaran ladang tebu juga sempat terjadi pada Senin (22/7/2019) lalu. Kebakaran tersebut terjadi di Desa Krasak, Pecangaan, Jepara. Lokasinya bahkan berada di dekat Kantor Desa Krasak.

Pada kejadian ini, sumber api diduga berasal dari pembakaran sampah milik warga sekitar.

Karena tiupan angin, api kemudian menjangkau daun tebu yang mengering di musim kemarau, hingga akhirnya menimbulkan kobaran api besar. Pemadam kebakaran Jepara akhirnya berhasil memadamkan kebakaran ini.

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...