Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mahasiswa UNDIP Semarang Rintis Kampung Kalkun di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 20 mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) UNDIP diterjukan di Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Selasa (23/7/2019). Mereka akan melaksanakan kegiatan program iptek bagi desa Binaa Undip (IDBU) dengan tema pengembangan Agro-eduwisata melalui pemdampingan kampung kalkun sebagai ikon baru Kota Kudus.

Bambang Sulistiyanto, Ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa eksplorasi potensi Desa Undaan Tengah sebagai kampung kalkun akan dikerjakan selama 35 hari. Yakni dengan menerjunkan 20 mahasiswa yang dilibatkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

“Kegiatan ini mencakup pemetaan potensi desa, pemetaan umkm, pemetaan peternak kalkun, pemetaan kawasan wisata dan pengolahan hasil samping kalkun seperti bulu, kulit dan eksreta kalkun,” katanya, Selasa (23/7/2019).

Ia mengatakan, kampung tematik ini merupakan salah satu bagian dari strategi penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas lingkungan permukiman yang terpadu di Kota. Pelaksanaan kampung tematik mengubah skema penanggulangan permasalahan kemiskinan maupun lingkungan permukiman.

“Kegiatan ini juga lebih menitikberatkan pada pemberian bantuan hingga pada pelibatan aktif dari berbagai pemangku kepentingan serta masyarakat,” lanjutnya.

Tak hanya itu, pemerintah Kabupaten Kudus melalui Dinas Pertanian dan Pangan juga mencoba untuk mensinergikan berbagai pemangku kepentingan seperti SKPD/OPD dan perguruan tinggi negeri (PTN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), tokoh masyarakat, media massa, serta pihak swasta/pengusaha untuk dapat turut mendukung pelaksanaan kampung tematik.

Sementara itu, Ketua Semarak Kalkun Kudus Didik Prabowo menyambut baik kegiatan tersebut. Apalagi, melalui kegiatan ini nantinya dapat lebih saling belajar. Baik dari peternak hingga para mahasiswa dari UNDIP.

“Semoga dengan adanya wacana kampung Kalkun ini bisa menambah nilai ekonomi masyarakat. Terutama peternak kalkun khusunya di Kabupaten Kudus,” tambahnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...