Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Hari Raya Kurban, Peredaran Hewan Ternak di Kudus Diawasi

0 46

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus mulai mengintensifkan pemeriksaan hewan menjelang hari raya kurban. Langkah itu dilakukan untuk memastikan ternak yang dijual dan disembelih nantinya dalam kondisi sehat dan baik.

Kabid Peternakan pada Dinas Peternakan dan Pangan, Indriatmoko mengatakan, pengawasan akan dilakukan hingga beberapa pekan sampai hari H pelaksanaan Kurban.

“Pengecekan sudah kami lakukan sejak beberapa hari terakhir,” ucapnya Senin, (22/7/2019.

Ia menyebutkan, pengecekan dilakukan sebagai upaya menyediakan daging kurban yang aman dan sehat. Pengecekan dan pemantauan juga dilakukan dengan tujuan memastikan hewan kurban utuh dan halal.

“Kami tidak ingin kecolongan, kami lakukan secara dini,” katanya

Pemberian obat cacing pada peternak juga akan diberikan. Mereka, diharapkan bisa memberikan obat tersebut pada hewan yang akan dijual saat kurban nanti. Dengan harapan, semua hewan ternak bebas dari cacing pita atau cacing pipih.

“Kegiatan dihentikan dua pekan hingga tiga pekan sebelum waktu pemotongan. Kita ingin memastikan hewan yang disembelih dalam kondisi sehat,”ujarnya.

Sementara Kasi Produksi dan Kesehatan Ternak pada Bidang Peternakan Sidi Pramono menambahkan, upaya lain yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat, peternak dan pedagang.

Pemaksimalannya terkait pengetahuan tentang kewaspadaan pada penyakit menular hewan ke manusia seperti keguguran (bruceloosis), anthrax, parasit darah dan kolera. Pengambilan sampel darah pada beberapa hewan ternak juga telah dilakukan.

Pengecekan kesehatan dilakukan pekan lalu di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Desa Klumpit, Kecamatan Gebog serta Desa Bacin, Kecamatan Bae. Secara umum, kondisi hewan ternak dalam keadaan baik.

“Semua dalam kondisi baik untuk saat ini. Beberapa ditemukan sakit tapi sudah diobati,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.