Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disdagsar Kudus Usulkan Penambahan Petugas Keamanan Pasar

0 40

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perdagangan dan Pasar (Dissdagsar) Kudus mengusulkan penambahan jumlah petugas keamanan pasar di Kota Kretek. Usulan tersebut dilakukan karena jumlah petugas keamanan yang ada saat ini belum bisa mencakup seluruh pasar di Kudus.

Di beberapa pasar seperti pada Pasar Baru, Pasar Piji, Pasar Jekulo, dan Pasar Doro bahkan tak ada petugas keamanan. Sedang beberapa pasar seperti Pasar Jember masih membutuhkan beberapa tenaga keamanan karena luasan dan ramainya pasar.

Sekertaris Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus Andi Imam mengatakan, penambahan petugas keamanan di sejumlah pasar sangat diperlukan. Tujuannya untuk menciptakan keamanan pasar baik di siang maupun malam hari.

“Butuh penambahan SDM pada sektor keamanan. Bisa dari satpol ataupun dari dinas,” ucapnya, Senin (22/7/2019).

Jumlah petugas keamanan sampai hari ini berjumlah 38 orang. Mereka terbagi di beberapa pasar yang ada di Kudus. Pasar yang paling banyak diisi adalah Pasar Kliwon dan Pasar Bitingan, dengan pertimbangan dua pasar tersebut berskala besar dan ramai.

“Semakin besar dan semakin ramai pasar, maka semakin banyak petugas yang diperlukan,” lanjutnya.

Petugas keamanan di Pasar Kliwon saat ini berjumlah 17 orang. Sementara Pasar Bitingan berjumlah 13 orang. Sedang sisanya tersebar di Pasar Jember empat orang, Pasar Burung dan Pasar Hewan Gulang yang masing-masing berjumlah dua orang.

“Sedang 10 pasar kategori sedang masih kosong tanpa penjaga,” lanjutnya.

Andi menambahkan, idealnya, pasar bertipe sedang setidaknya memiliki dua penjaga. Data yang dimiliki, 15 pasar kategori sedang dan besar butuh penambahan. Penambahan SDM penjaga bisa sampai 30 orang lagi.

“Dengan pertimbangan Pasar Baru delapan orang, sedang pasar-pasar sedang lain seperti Kalirejo, Jekulo, Mijen, Piji, Brayung, Wates, Karangbener, dan Doro masing-masing dua orang petugas,” rincinya.

Untuk menyiasati kekosongan, pihaknya mencoba bekerjasama dengan warga sekitar pasar Terutama pada bidang Siskamling. “Kami sementara meminta bantuan pada warga untuk menjaga pasar,” tandasnya.

Sementara Asmi salah satu pedagang Pasar Baru mengatakan sangat senang jika pasar tempat ia berjualan diberi petugas keamanan. Walaupun hingga kini masih tergolong aman, tidak ada salahnya jika diberi petugas keamanan pasar.

“Para pemilik toko pasti juga tenang,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.