MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bangunan Liar Pinggir Jalur Irigasi di Juwana Dibongkar Paksa

0 340

MURIANEWS.com, Pati – Tim terpadu dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-TR), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), Satpol PP, TNI dan Polri melakukan pembersihan bangunan liar mulai dari jembatan kembar Desa Langgenharjo hingga ke ujung Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Senin (227/7/2019).

Tindakan ini dilakukan lantaran bangunan liar di sepanjang saluran irigasi ini menjadi biang sampah.

Kepala DPU-TR Pati Faisal yang diwakili Kasi Bina Manfaat Bidang SDA Ari Yustiva mengatakan, pembersihan saluran irigasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sejak 2017 serta penertiban wilayah sepadan sungai dan saluran irigasi.

“Ini kita sosialisasi sudah sejak 2018 termasuk kesepakatan dari warga untuk bongkar mandiri sudah disepakati pada April 2019,” katanya.

Namun, ada beberapa pemilik bangunan liar yang belum dilakukan pembongkaran secara mandiri. Pihaknya juga sudah melayangkan teguran sebanyak tiga kali. Namun, tidak direspon baik oleh pemilik bangunan.

“Karena kami sudah menegur sampai tiga kali dan bangunan masih ada, maka hari ini kami bongkar bersama-sama sekaligus untuk normalisasinya,” ujarnya.

Pembongkaran bangunan-bangunan dilakukan terutama yang berada di atas tanah sepadan saluran yang ada di kanan-kiri saluran irigasi. Karena lokasi tersebut semestinya dilarang untuk didirikan bangunan. Baik berbentuk rumah, ruko, maupun warung.

“Untuk jembatan untuk akses masuk ke rumah atau tempat usaha, serta tempat ibadah dan fasilitas pendidikan tidak kami bongkar,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.