Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kapal Parkir di Sungai Silugonggo Disinyalir Penyebab Sedimentasi

0 150

MURIANEWS.com, Pati – Banyaknya kapal yang parkir di sepanjang Sungai Silugonggo Juwana, disinyalir menjadi penyebab pendangkalan sungai. Pasalnya aliran air pada saat musim hujan terhambat oleh kapal tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno. Bahkan dirinya menilai, banjir yang sering melanda di wilayah Kabupaten Pati juga karena bloking kapal tersebut.

“Kapal di sepanjang jembatan lama hingga Pulau Seprapat iku kan ada banyak (kapal). Itu adalah salah satu penyebab banjir, karena arus air tidak bisa berjalan lancar,” katanya.

Dia juga menilai, seharusnya sepanjang sungai itu tidak boleh dibuat parkir kapal. Sebab, sungai itu juga untuk lalu lintas kapal yang lain.

“Kami sudah survei berkali-kali, ada banyak kapal yang parkir di sungai itu. Ini yang membuat pendangkalan dan banjir,” ungkapnya.

Seharusnya, lanjut Ruhban, kapal usai bongkar harus diparkir di muara sungai. Sehingga tidak terjadi penumpukan kapal yang bisa menghambat laju air.

“Di muara itu kan kosong, tak ada kapal yang parkir di situ. Kalau semua kapal yang ada di sepanjang Sungai Silugonggo parkir di muara, tentu akan lebih baik,” tegasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.