Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Perda Wisata Gratis, Disparbud Jepara Bakal Tagih ke Kemendagri

0 170

MURIANEWS.com, Jepara – Terkait masalah Perda Gratis Restribusi Pariwisata yang saat ini menjadi polemik di masyarakat Jepara, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara, berencana mendatangi Kemendagri. Mereka akan menanyakan langsung mengenai nasib Perda tersebut.

Kepala Disparbud Jepara, Zamroni Liztiaza menyatakan, pihaknya merasa perlu untuk memastikan progres evaluasi Perda tersebut di Kemendagri. Pihaknya sudah mengagendakan kunjungan ke Kemendagri untuk maksud tersebut.

“Karena penggratisan ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat. Pada sisi yang lain, kami tak bisa serta merta menggratiskan kalau perda ini belum diundangkan. Padahal untuk mengundangkan sebuah perda terkait retribusi, evaluasi Mendagri adalah syarat mutlak,” kata Zamroni Liztiaza, Jumat (19/7/2019).

Pemkab Jepara, menurutnya perlu menanyakan langsung ke Kemendagri terkait hal ini. Karena dalam komunikasi yang selama ini dilakukan, diperoleh informasi perda wisata gratis Kabupaten Jepara belum diselesaikan evaluasinya.

Padahal perda itu telah dikirim oleh Biro Hukum  Setda Provinsi Jawa Tengah ke Kemendagri akhir April 2019 lalu. Setelah disahkan oleh DPRD Jepara, perda tersebut memang harus ditinjau Biro Hukum Setda Provinsi Jateng sebelum dikirim ke Kemendagri.

“Dengan upaya ke Kemendagri, kami berharap Ranperda bisa segera disetujui supaya Pemkab Jepara bisa segera mengundangkan perda tersebut. Dengan demikian, warga benar-benar bisa menikmati masuk ke objek wisata milik Pemkab Jepara secara gratis,” ujarnya.

Baca juga: 

Zamroni juga mengakui, pihaknya berada dalam posisi yang tidak menyenangkan terkait masalah ini.

Diakuinya, sudah sering  terjadi perdebatan antara pengunjung dengan petugas gerbang objek wisata karena mengira penggratisan sudah diberlakukan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.