Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sekda Digadang-gadang Jadi Ketua Pramuka Kwarcab Jepara

0 112

MURIANEWS.com, Jepara – Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, sampai saat ini masih dalam status mandek. Kepemimpinan yang kosong sejak meninggalnya DR.H Soebroto pada 15 November 2018 lalu, sampai saat ini belum ada yang mengisinya.

Siapa yang akan mengisinya, sampai saat ini masih belum diketahui. Namun demikian sejumlah pihak yang berkecimpung di kepramukaan Jepara berharap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko bisa mengisi peran tersebut.

Selain masih muda, Edy Sujatmiko dinilai merupakan salah satu sosok yang tepat dengan kemampuan manajerialnya, bagi masa depan Pramuka Kwartir Cabang Jepara. Sejak Ketua Kwartir Jepara DR. Soebroto meninggal dunia, kegiatan kepramukaan di Jepara seperti mengalami stagnasi.

Setyanto, salah satu tokoh Pramuka di Jepara menyebut, nama Edy Sujatmiko saat ini sudah disebut-sebut oleh banyak anggpta Pramuka Jepara yang berada di tingkat bawah. Edy Sujatmiko diyakini bisa memberi sebuah semangat baru bagi situasi yang saat ini terjadi di dunia Pramuka Jepara.

“Sebagian besar anggota Pramuka di Jepara atau bahkan bisa saya sebut hampir semuanya, saat ini sudah menyebut-nyebut nama Pak Edy Sujatmiko untuk bisa mengisi jabatan Ketua Kwartir Cabang Jepara. Beliau diyakini akan bisa kembali membawa semangat bagi kegiatan kepramukaan di Jepara,” ujar Setyanto, Kamis (18/7/2019).

Sampai saat ini ‘Cikal 1 Jepara’, sebutan untuk Ketua Pramuka Kwartir Cabang Jepara  masih kosong setelah ditinggalkan DR Subroto, SE yang meninggal dunia. Praktis kepemimpinan Kwarcab Jepara saat ini dalam status quo.

Hasil resufle pengurus yang sudah dilakukan pada 27 Desember 2018 lalu, dirasakan juga belum bisa efektif karena secara dejure belum dikuatkan dengan regulasi dari Ketua Gerakan Pramuka Kwarda XI Jawa Tengah. Sehingga ada keinginan dari bawah agar langkah-langkah dratis bisa segera dilakukan.

“Pramuka Jepara berharap Pak Edy Sujatmiko bisa mengisi jabatan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Jepara. Tentu saja hal ini disertai harapan  agar kegiatan kepramukaan di Jepara tidak lagi stagnan, karena  saat ini terkesan dalam status quo sejak Pak Soebroto meninggal,” tambahtambah Setyanto.

Diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi, Pramuka Jepara akan segera mempunyai pimpinan baru. Tentu saja dengan mekanisme yang demokratis melalu Musyawarah Cabang (Muscab). Dan sosok yang dianggap sangat tepat adalah Edy Sujatmiko.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.