Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dibiayai APBN, Proyek Sheet Pile Kali Wiso Dilanjutkan Tahun Ini

0 101

MURIANEWS.com, Jepara – Proyek pembangunan sheet pile (tanggul penguat) di Kali Wiso Jepara, tahun ini diteruskan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program penanggulangan banjir yang dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai BBWS) Pemali Juana.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Jepara, Ari Bahtiar menyatakan, pelaksana proyek ini dilakukan langsung dari BBWS Pemali Juana. Anggarannya menggunakan dana APBN sekitar Rp 25 miliar.

Proyek ini merupakan kelanjutan dari proyek yang sudah dilaksanakan di sepanjang jalan sekitar Shoping Centre Jepara (SCJ). Tahun ini proyek akan dilanjutkan di sepanjang Jalan Brigjen Katamso ke arah timur, hingga di wilayah Panggang Pandean.

“Tahun ini akan kembali dilanjutkan. Sehingga nanti tanggul Kali Wiso akan dipasang sheet pile sampai ke Panggang Pandean. Ini proyek yang dibiayai APBN, jadi kami hanya berkoordinasi saja,” ujar Ari Bahtiar, Kamis (18/7/2019).

Konsekuensi dari proyek ini, Pemkab Jepara akhirnya memutuskan untuk memindahkan semua pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sepanjang Jalan Brigjen Katamso. Rencananya, selain dipasang sheet pile, Kali Wiso juga akan dilakukan pengerukan alur kali.

Saat ini baru tanggul di sisi selatan yang akan digarap perbaikan tanggulnya dengan dipasang sheet pile. Sedangkan yang di sisi utara, penangananya masih akan dibahas apakah menggunakan sheet pile atau beton cor biasa.

“Yang di sisi utara, karena sudah ada rumah-rumah yang berdiri, perbaikan tanggulnya masih akan dikaji. Apakah akan menggunakan sheet pile atau dengan cara dibeton. Masalah ini nanti yang menentukan adalah pelaksana dari proyek sendiri. Kami menunggu saja,” tambah Ari Bahtiar.

Selain pemasangan sheet pile dan pengaturan alur sungai (pengerukan), proyek ini juga menyertakan pemasangan pompa air bertenaga besar. Pompa air ini dimaksudkan untuk menyedot air dari sejumlah titik genangan air yang muncul setiap musim hujan di wilayah kota Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.