Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

128 ASN Pemkab Kudus Berangkat Haji Tahun Ini

0 84

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 128 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai lingkungan Orgainasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kudus bakal menjalani ibadah Haji tahun ini. Saat ini mereka tengah menyelesaikan izin untuk cuti bekerja selama ibadah berlangsung.

Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPP) Kabupaten Kudus Catur Widyatno menyebutkan, 128 ASN yang mengajukan cuti terdiri dari 126 PNS di beberapa OPD dan dua Pegawai Honorer Daerah di Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kudus.

“Mereka telah mengurus izin cutinya. Semua sudah siap,” ucap Catur usai memberikan pembinaan ASN yang akan berhaji oleh Bupati Kudus HM Tamzil di Lt 4 Ruang Setda, Kamis (18/7/2019) pagi.

Ia menyebutkan, jenis cuti yang diberikan pada 128 ASN termasuk kategori cuti besar. Pemberian cuti tersebut diharapkan membuat para ASN fokus untuk menjalankan ibadah haji yang bakal dimulai 22 Juli hingga 9 September mendatang.

“Ini merupakan bentuk toleransi dan kepedulian Pemkab Kudus dalam hal ini,” jelasnya.

Sementara Bupati Kudus HM Tamzil mengharapkan kesehatan selalu ada baik pada ASN yang berhaji maupun seluruh jamaah haji asal Kudus. Ia berharap, proses ibadah penyempurna tersebut bisa berjalan dengan lancar.

“Saya lepas mereka untuk beribadah, Pemkab memberikan mereka cuti besar selama 50 hari,” jelas Tamzil.

Menurut Tamzil, faktor kesehatan menjadi sangat penting di sana. Mengingat jika kondisi tubuh tidak fit, maka ibadah bisa saja tidak berjalan secara maksimal. Apalagi, cuaca ekstrem sedang terjadi di Tanah Suci.

“Gunakan masker, asupan gizi juga diperhatikan, atur pola makan dan kebutuhan minum juga jagan ditinggalkan,” kata Tamzil.

Pesan khusus pun diberikan Tamzil pada jamaah ASN yang memiliki kesehatan yang terbilang bugar. Ia berharap, mereka bisa membantu para jamaah haji yang membutuhkan bantuan. Seperti jamaah lansia ataupun yang berkebutuhan khusus.

“Saya pesan untuk saling membantu di sana,” ucapnya pada para ASN yang ia berikan pengarahan.

Sementara, pada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) asal Kudus, Tamzil berpesan agar melayani para jemaah Kudus secara maksimal. PPIH juga diminta sigap dalam mendampingi para jemaah dan menjadi perwakilan dari Pemkab Kudus.

“Pelayan maksimal harus diberikan, kebetulan Asisten II bidang ekonomi, Pak Ali Rifai juga berangkat ke sana. Ia saya minta untuk mengevaluasi juga, supaya ke depan lebih baik lagi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.