Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

2 Pengedar dan Penyimpan Tembakau Gorila Diringkus Polres Kudus

0 215

MURIANEWS.com, Kudus – Dua Pengedar dan satu penyimpan narkotika jenis tembakau gorila berhasil diamankan Satres Narkoba Polres Kudus pada Selasa (16/7/2019) dan Rabu (17/7/2019) dini hari. Mereka diringkus anggota kepolisian setelah terbukti menyimpan narkotika golongan I tersebut di tempat yang berbeda-beda.

Dua orang  pengedar yakni BR dan FD ditangkap di tempat yang berbeda. BR ditangkap di rumahnya di Kabupaten Jepara, Rabu pagi. Sedang FD, warga Kecamatan Gebog ditangkap di seputaran Balai Jagong pada Selasa malam.

“Sedang DU ditangkap di kediaman rumahnya pada Rabu tengah malam di rumahnya yang berada di Kecamatan Jekulo,” ucap Kasat Narkoba Polres Kudus AKP Sukadi, Kamis (18/7/2019) pagi.

Dari tangan pelaku masing-masing ditemukan barang bukti yang sama. Hanya, kuantitas barang haram tersebut berbeda-beda. BR diketahui menyimpan 27 linting tembakau diduga jenis gorila. Kemudian FD kedapatan membawa dan akan mengedarkan 4 linting tembakau gorila yang dimasukkan ke dalam salah satu bungkus rokok.

“Sedang DU saat rumahnya digledah kedapatan menyimpan enam linting tembakau gorila di lemari rumahnya,” lanjut Sukadi.

Sukadi menjelaskan, pengungkapan bermula ketika pihak Satres Narkoba mencurigai adanya peredaran narkotika jenis tembakau gorila di seputaran Kota Kudus. Patroli pun dilakukan.  FD yang saat itu berada di Taman Balai Jagong menunjukkan gerak-gerik yang mencurigakan.

Dengan sigap, para personel Polres Kudus langsung mengamankan FD yang diduga akan mengedarkan narkotika golongan I tersebut. “Kami gledah dan kami introgasi, pada Selasa malam,” jelasnya.

Berbekal informasi yang didapatkan dari FD dan sumber lainnya, penangkapan kemudian dilanjutkan ke rumah DU yang berada di Kecamatan Jekulo. DU pun terbukti menyimpan 4 linting barang haram tersebut.

“Kemudian kami introgasi dan mengerucut ke satu nama yakni BR,” jelasnya.

Baik FD maupun DU ternyata sama-sama mendapatkan barang haram tersebut dari BR yang merupakan warga Jepara. Tanpa basa-basi, pasca pencokokan DU, tim Satres Narkoba langsung meluncur menuju kediaman pelaku BR di Jepara.

“Kemudian ketiganya kami amankan dan kami gelandang ke Mapolres Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, mereka akan berurusan dengan Pasal 112 Ayat ( 1 ) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Peraturan Menteri Kesehatan  Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Perubahan Penggolongan Narkotika.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.