Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kereta Kencana Keraton Solo Bakal Dihadirkan di Kirab HUT Pati

MURIANEWS.com, Pati – Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 696 Kabupaten Pati yang puncaknya bakal digelar pada 7 Agustus 2019 mendatang, bakal dimeriahkan dengan kirab budaya. Dalam kirab ini, panitia meminjam kereta kencana dari Keraton Surakarta untuk untuk mengikuti arak-arakan.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, kirab budaya ini akan berlangsung dari situs Genuk Kemiri menuju pendapa kabupaten. Ia menyebut, konsep kirab budaya ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Terlebih kirab ini hanya dilakukan setiap lima tahun sekali.

“Kali ini tidak sekadar memperingati, tetapi sekaligus menghibur masyarakat. Tujuannya mengenalkan hari jadi berdirinya Kabupaten Pati. Jadi tidak sekadar seremonial belaka,” jelasnya usai rapat finalisasi HUT Kabupaten Pati di Ruang Pragola Setda Pati, Rabu (17/7/2019).

Bupati menyebut, persiapan sudah disempurnakan. Sehingga pada 7 Agustus 2019 mendatang dapat terlaksana dengan baik.

“Ada juga budaya, bukan cuma dari Pati, tapi Nusantara. Dengan harapan, kita promosi wisata Kabupaten Pati. Nantinya, kearifan lokal yang ada kita tampilkan. Agar semua orang tahu kalau Pati punya banyak sekali budaya,” ujarnya.

Ke depan, Haryanto berharap setelah selesai masa jabatannya, pemerintah kabupaten bisa menampilkan konsep yang lebih menarik lagi.

“Karena ini bukan sekadar seremonial. Tapi semua orang harus tahu, jika dahulu saat menyatukan Kadipaten Carang Soko dan Parang Garuda untuk kemudian menjadi Kabupaten Pati itu tidaklah mudah,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...