Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kemarau Panjang, 88 di Pati Rawan Kekeringan

MURIANEWS.com, Pati – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mencatat, ada sebanyak 88 desa di 10 kecamatan di Kabupaten Pati yang saat ini rawan kekeringan. Masyarakat diminta untuk waspada, lantaran musim kemarau tahun ini diprediksi lebih panjang.

Kepala BPBD Pati Sanusi Siswoyo mengatakan, dari pendataan yang dilakukan, kecamatan yang tercatat rawan kekeringan adalah Kecamatan Batangan, Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Winong, Gabus, Tambakromo, Kayen, Sukolilo dan Kecamatan Trangkil.

“Ada 10 Kecamatan dan 88 desa. Kami sudah melakukan langkah untuk mengantisipasi hal itu,” kata Sanusi, Rabu (17/7/2019).

Meski saat ini sudah memasuki musim kemarau, tetapi diakui belum ada permintaan air bersih bagi desa-desa yang terindikasi kekeringan.

“Secara umum belum ada permintaan air. Ini diperkirakan masyarakat di daerah berpotensi kekeringan masih berusaha memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan sumber atau sumur yang ada sekitarnya,” ujarnya.

Pihaknya juga sudah memetakan langkah-langkah apabila bencara kekeringan terajadi.
Selain itu pihaknya juga sudah menyiagakan armada tanki air BPBD sebanyak dua unit. Ditambah lagi dari DPUTR 2 unit, PMI 2 unit, 1 unit water cannon Polres Pati.

“Apabila memungkinkan CSR dunia usaha dan masyarakat juga kami minta untuk membantu,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...