Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Heboh, Anak Sapi Milik Warga Ngaringan Grobogan Punya 2 Kepala

MURIANEWS.com, GroboganWarga Dusun Klaten, Desa/Kecamatan Ngaringan digegerkan dengan kelahiran anak sapi yang bentuk fisiknya tidak lazim. Di mana, anak sapi berjenis kelamin betina itu memiliki dua kepala.

Dua kepala tersebut masing-masing memiliki satu moncong dan sepasang mata. Namun pada bagian telinga hanya ada dua. Dilihat dari depan, bagian kepala anak sapi ini tampak lebih lebar dari tubuhnya. Untuk bagian selain kepala, kondisinya normal.

Sapi tersebut milik Suyono, warga setempat yang tinggal di wilayah RT 02, RW 05. Anakan sapi atau pedhet tersebut dilahirkan induknya, Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 05.00 WIB.

Salah seorang warga menunjukkan anak sapi yang memiliki dua kepala. (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan Riyanto menyatakan, setelah mendapat informasi ada anak sapi memiliki dua kepala itu, petugasnya langsung datang ke lokasi untuk melakukan pengamatan dan membantu perawatan yang diperlukan. Menurutnya, anakan sapi itu lahir dari indukan sapi yang berjenis simental peranakan ongole (SimPo) dengan kode strawberry 61566 Q 75.

“Indukannya sudah beranak lima kali ini. Untuk anakan sebelumnya kondisinya normal. Baru anakan kali ini yang lahir abnormalitas,” jelasnya.

Riyanto menyatakan, adanya anak sapi yang lahir berkepala dua itu memang sangat jarang terjadi. Ia meminta agar hal ini tidak usah dikaitkan dengan masalah mistis.

Menurutnya, kondisi itu besar kemungkinan disebabkan kebuntingan kembar yang tidak bisa tumbuh sempurna. Dimana, dalam perkembangan masa kebuntingan, pembelahan janin tidak bisa sempurna dan hanya bagian kepala saja yang berkembang sendiri-sendiri. Namun, untuk bagian badannya hanya satu saja yang berkembang.

“Kondisi ini semacam kembar siam pada manusia dan tak perlu dikait-kaitkan dengan mistis atau apapun,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...