Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Biar Bantuan Tepat Sasaran, Bupati Grobogan Minta Data Warga Miskin Divalidasi

MURIANEWS.com, Grobogan – Banyaknya aduan terkait penerima bantuan sosial dari pemerintah yang dinilai kurang tetap sasaran mendapat tanggapan serius dari Bupati Grobogan Sri Sumarni. Ia meminta perlunya dilakukan validasi data warga miskin sehingga bantuan yang diberikan pemerintah benar-benar sesuai peruntukkannya.

“Selama ini, saya sering dapat masukan kalau ada penerima bantuan yang dinilai orang mampu. Oleh sebab itu, saya minta instansi terkait agar melakukan validasi data sehingga penerima bantuan itu memang benar-benar berasal dari keluarga kurang mampu,” tegasnya saat membuka rakor peningkatan SDM operator dan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di pendapa kabupaten, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, berdasarkan data dari dinas sosial, sumber daya manusia PKH di Kabupaten Grobogan sebanyak 230 ribu orang yang tersebar di 19 kecamatan. Mulai tahun 2014, Kabupaten Grobogan ditetapkan sebagai salah satu lokasi PKH.

Jumlah KPM PKH semakin bertambah dari tahun ke tahun. Pada Tahun 2014 sebanyak 24.468 keluarga penerima manfaat (KPM), dan tahun 2018-2019(tahap ll), penerimanya naik jadi 59.318 KPM.

Sri menambahkan, penanganan kemiskinan sebagai salah satu skala prioritas Pemkab Grobogan. Untuk itu, ia berharap agar kedepannya, jumlah penerima bantuan bisa berkurang, bukan bertambah karena menurunnya jumlahnya warga miskin.

“Berbagai upaya sudah kita siapkan dalam rangka penanggulangan kemiskinan ini. Kita harapkan, dari progam itu, taraf perekonomian warga yang dulunya miskin bisa meningkat. Jika ekonominya sudah membaik maka mereka ini tentunya tidak perlu lagi dapat bantuan terus menerus,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...