Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hutan Seluas 2 Hektare di Grobogan Terbakar

0 95

MURIANEWS.com, Grobogan – Musibah kebakaran di kawasan hutan yang masuk wilayah Grobogan terjadi lagi, Senin (15/7/2019). Kali ini, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB itu melanda kawasan hutan KRPH Mliwang, BKPH Tanggungharjo, KPH Semarang yang lokasinya berada di pinggir jalan raya Gubug-Kedungjati dengan luas mencapai dua hektare.

Beberapa hari sebelumnya, musibah kebakaran juga terjadi pada lahan seluas lima hektare di wilayah hutan KPH Purwodadi.

Wakil Administratur KPH Semarang wilayah Timur Kusmanto mengatakan, kebakaran tersebut terjadi di petak 189a dengan tanaman jati. Pihaknya sempat kewalahan saat melakukan pemadaman.

”Begitu mendapat informasi ada kebakaran lahan, kami bersama tim langsung menuju titik api. Meski sempat kewalahan namun, beberapa waktu kemudian, api berhasil kita dipadamkan,” kata Kusmanto didampingi Asper BKPH Tanggungharjo Firmansyah.

Menurutnya, lahan hutan yang terdampak kebakar luasnya sekitar dua hektare. Pihaknya menduga, sumber api berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan warga.

“Tanaman utama masih hidup dan tidak terbakar parah. Kerugian akibat kebakaran tidak begitu besar, karena hanya membakar tanaman kecil dan daun-daun kering yang berguguran,” jelasnya.

Terkait kejadian itu, ia mengimbau kepada warga agar tidak membakar sampah di lokasi hutan. Pihaknya akan menindak tegas pada warga yang kedapatan melakukan perbuatan tersebut.

“Membakar sampah di kawasan hutan sangat berisiko karena bisa menyebabkan kebakaran,” tegasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.