Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Normalisasi Sungai Juwana Diharap Tak Ganggu Lalu Lintas Kapal Ikan di TPI

0 89

MURIANEWS.com, Pati – Proyek normalisasi Sungai Juwana sampai saat ini belum dilakukan. Namun, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati meminta agar rekanan tetap melakukan koordinasi terlebih dahulu ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sebelum pelaksanaan normalisasi.

Kabid Pembinaan dan Pengelolaan TPI pada Dislautkan Pati Dwi Endang Subekti mengatakan, dengan kordinasi itu pada saat pengerukan nanti tidak terjadi penumpukan kapal.

“Saat ini untuk jadwalnya kami memang masih menunggu. Termasuk apakah dalam pelaksanaannya di lapangan apakah dimulai dari muara ke atas atau sebaliknya,” katanya, Senin (15/7/2019).

Bahkan dirinya berharap agar saat normalisasi dapat dilakukan di waktu-waktu aktivitas tengah sepi. Seperti halnya sebelum Oktober. Karena pada saat itu kapal yang bongkar ikan di tempat pelelangan juga minim.

“Sehingga tidak sampai berdampak pada kapal-kapal yang hendak bongkar muat di areal TPI,” ujarnya.

Namun, apabila hal tersebut tak dapat dilakukan setidaknya dia meminta agar saat normalisasi di areal TPI itu bisa dilakukan bertahap. Dengan begitu penataan terhadap kapal yang akan berlabuh juga bisa dimaksimalkan.

“Sekarang ini kami memang telah memiliki tim terpadu, selain dari TPI juga ada dari Satpolair, Kamla dan lainnya yang tentu siap membantu proses penataan tersebut. Saat ada jadwalnya tentu akan diatur kapal-kapal tersebut akan dipindahkan selama pengerukan,”terangnya.

Dengan penjadwalan yang baik diharapkan tidak berdampak pada proses pelelangan. Baik dari segi penumpukan kapal di alur sungai maupun dari sisi penerimaan daerah.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.