Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PDIP Isyaratkan Gandeng Perindo di DPRD Hingga Pilkada Jepara 2022

0 158

MURIANEWS.com, Jepara – PDI Perjuangan dikabarkan tengah melirik Partai Perindo untuk membentuk satu fraksi di DPRD Jepara. Langkah ini juga disebut sebagai awal penjajakan koaliasi dalam Pilkada Jepara 2022 mendatang.

Dengan hanya mendapatkan 8 kursi di DPRD Jepara, maka PDI Perjuangan Jepara harus menggandeng partai lain, agar bisa mengajukan calon pimpinan daerah.

Bagi kepengurusan DPC PDI Perjuangan Jepara yang baru di bawah Andang Wahyu Triyanto, pembentukan fraksi di DPRD Jepara adalah salah satu bahasan awal yang harus segera disikapi. Andang Wahyu Triyanto menyatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan komunikasi politik dengan partai lain.

Jika hanya sekadar untuk membentuk fraksi, partai ini sebenarnya mampu berdiri sendiri, karena syarat minimal adalah 4 kursi.

Namun untuk kepentingan Pilkada 2022, pihaknya berharap ada kemungkinan untuk bisa menyiapkan sejak awal. Caranya adalah dengan membentuk fraksi yang secara penuh didukung 10 kursi.

Andang dengan terbuka menyebutkan, bahwa besar kemungkinan partainya akan mengajak Partai Perindo untuk berpatner di DPRD Jepara. Secara ideologis, Perindo dinilai tidak terlalu banyak memiliki perbedaan dengan PDI Perjuangan. Namun demikian semua masih akan dikomunikasikan.

Selain itu, Perindo Jepara dari hasil Pemilu 2019 berhasil mendapatkan dua kursi di DPRD Jepara. Sehingga dengan demikian gabungan PDIP dan Perindo akan genap memiliki 10 kursi yang bisa memenuhi syarat untuk mencalonkan pimpinan daerah pada 2022.

“Kami sudah menjajagi dan berkomunikasi soal pembentukan fraksi ini dengan Perindo. Besar kemungkinan kami akan bersama Perindo untuk membentuk satu fraksi di DPRD Jepara. Kita tunggu saja,” ujar Andang Wahyu Triyanto, Senin (15/7/2019).

Dengan syarat minimal 4 kursi dan 10 kursi maksimal untuk bisa membentuk satu fraksi, maka dengan komposisi anggotanya,  DPRD Jepara kemungkinan maksimal akan ada 5 fraksi yang akan terbentuk. Beberapa partai bisa membentuk fraksi secara mandiri dan beberapa lainnya harus bergabung.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Jepara, Masrikan menyatakan sampai sejauh ini pihaknya belum memutuskan untuk bergabung dengan partai manapun terkait pembentukan fraksi di DPRD Jepara. Beberapa partai sudah menyampaikan keinginan untuk mengajak bergabung.

Komunikasi dan penjajagan masih dilakukan oleh Perindo Jepara untuk kaitan ini. Perindo yang hanya mendapatkan 2 kursi harus benar-benar berhitung untuk bisa tetap menempatkan kepentingan politiknya. Karena itu pihaknya menyatakan tidak akan gegabah memutuskan.

“Tentu saja kami harus berhitung benar agar kepentingan politik kami tetap bisa mendapatkan jalan. Bahkan kalau perlu kami akan berkonsultasi dengan DPP mengenai masalah ini, sebelum memutuskannya,” terangnya.

Perindo Jepara sendiri menurut Masrikan sudah dihubungi PAN, Nasdem dan Golkar. Sedangkan PDI Perjuangan sendiri belum secara langsung melakukan pembicaraan dengan dirinya. Semua masih akan dipertimbangkan, sebelum diputuskan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.