MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Calon Haji Asal Jateng Gagal Terbang karena Hamil Muda

0 94

MURIANEWS.com, Boyolali – Panitia penyelenggara haji melarang dua calon jemaah asal Jawa Tengah untuk terbang ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji. Pelarangan dilakukan, lantaran dalam pemeriksaan dua jemaah ini diketahui tengah hamil muda.

Sementara dalam aturan penerbangan, wanita hamil di bawah enam bulan dilarang terbang. Karena bisa berdampak pada keselamatan kehamilan.

Dua calhaj yang gagal berangkat itu yakni Suparmi (42) asal Klaten yang tergabung dalam Kloter 10 dan Adi Kurniawati (33) asal Temanggung yang tergabung dalam Kloter 17.

Mereka diketahui tengah hamil muda saat menjalani pemeriksaan oleh tim PPIH di Embarkarsi Surakarta.

Juru bicara Humas Panitia Pengelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengatakan suami Suparmi yakni Riyadi Kasimin (42) juga akhirnya mundur karena istrinya batal berangkat.

“Calon haji ini diketahui dengan usia kehamilan sekitar 6 pekan, sehingga harus dipulangkan,” katanya.

Ia menyatakan, pihaknya tidak ingin mengambil risiko dengan tetap memberangkatkan calon jemaah haji yang tengah hamil muda.

Meski demikian, pihaknya memastikan dua calon jemaah haji itu akan mendapat priorotas untuk diberangkatkan pada musim haji 2020 mendatang. “Kita berangkatkan tahun depan, dan manjadi jamaah prioritas dari PPIH,” terangnya.

Selain itu, berdasarkan data Embarkasi Haji Surakarta, tahun ini 74 persen dari jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci dalam kondisi kesehatan berisiko tinggi.

Menurut Afied, sesuai standar prosedur operasi yang berlaku pihaknya akan memberikan pelayanan khusus kepada jemaah yang menggunakan alat bantu seperti kursi roda dan tongkat.

Mereka antara lain akan mendapat layanan ambulans untuk menuju bandara dari asrama haji.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.