Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Siapkan 280 Tangki Antisipasi Kekurangan Air Bersih di Kudus

0 57

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus saat ini tengah menyediakan 280 tangki air bersih. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kekekurangan air bersih di Kota Kretek di musim kemarau.

Kepala BPBD Kabupaten Kudus, Bergas Catursari Penanggungan mengatakan, diperkirakan bulan Agustus 2019 mendatang akan menjadi puncak musim kemarau. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kekeringan, BPBD Kudus menyediakan 280 tangki air bersih.

“Setiap tangki kapasitasnya lima ribu liter air bersih,” katanya, Sabtu (13/7/2019).

Bergas mengatakan, ada beberapa wilayah di Kudus yang berpotensi terjadi kekurangan air bersih. Berdasarkan data BPBD, ada 23 desa di Kudus yang berpotensi kekurangan air bersih. Ke-23 Desa ini beberapa di antaranya di Desa Nggamong, Desa Papringan, dan Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu.

Berikutnya, di Kecamatan Jekulo meliputi Desa Sadang, Desa Bulungcangkring, Desa Bulungkulon, dan Desa Terban. Lalu di Kecamatan Mejobo ada Desa Kesambi dan Desa Hadiwarno.

“Untuk di Kecamatan Undaan ada Desa Wonosoco, Desa Lambangan, dan Desa Kalirejo. Itu di antaranya,” terangnya.

Adapun untuk permintaan air bersih diperkirakan melonjak pada bulan Agustus mendatang. Hanya, hingga bulan Juli ini, belum ada permintaan air bersih.

“Untuk permintaan air bersih ada prosedurnya. Yakni melalui pemerintah Desa. Pemdes mengajukan yang diketahui oleh camat, lalu disurvei baru mendapatkan air bersih,” terangnya.

Sementara untuk droping air bersih tidak dilakukan setiap hari. Melainkan,dilakukan dalam tiga hari sekali. Hanya sistem droping akan difokuskan pada tandon air di masing-masing desa. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan air bersih untuk kepentingan sehari-hari.

“Harapannya setelah puncak musim kemarau bulan Agustus masyarakat tidak lagi kekurangan air bersih,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.