MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

3 Kantor Kecamatan di Grobogan Dipasangi Alat Sensor Gempa oleh BMKG Jateng

0 242

MURIANEWS.com, GroboganBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jateng bakal menempatkan alat sensor gempa bumi yang akan di tempatkan di tiga kantor kecamatan yang ada di Grobogan. Ketiga kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Grobogan, Gabus, dan Gubug.

Kasi Kedaruratan BPBD Grobogan Masrichan mengungkapkan, sebelum melakukan pemasangan, tim BMKG yang terdiri dari tiga orang dari Stasiun Klimatologi Semarang, dan dua orang dari Stasiun Geofisika Banjarnegara terlebih dulu melakukan survei.

Hal itu dilakukan untuk menentukan lahan penempatan sensor gempa bumi di masing-masing kantor kecamatan tersebut. Penempatan sensor sengaja dilakukan di komplek kantor kecamatan karena alasan keamanan terhadap peralatan yang dipasang.

“Surveinya dilakukan hari ini tadi. Kebetulan, saya ikut mendampingi tim dari BMKG saat melakukan survei lokasinya,” kata Masrichan, Jumat (12/7/2019).

Sensor gempa bumi tersebut, lanjutnya, akan dipasang dengan ditanam dalam tanah pada kedalaman sekitar dua meter. Kemudian, di atasnya akan ditutup dengan atap sebagai pengaman. Untuk pemasangan sensor gempa bumi kemungkinan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

Ia menambahkan, dengan adanya alat tersebut maka deteksi terjadinya gempa bumi bisa dilakukan lebih awal. Salah satunya mengetahui pusat gempa dan intensitasnya. Dengan demikian, jika terjadi gempa bumi maka setidaknya bisa meminimalkan korban.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.