Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Hanya Pemukiman, Musibah Kebakaran di Grobogan Mulai Menjangkau Kawasan Hutan

0 135

MURIANEWS.com, Grobogan – Selain menimpa rumah warga di kawasan pemukiman, musibah kebakaran juga mulai muncul di kawasan hutan. Salah satunya adalah kawasan hutan di bawah kewenangan Perhutani KPH Purwodadi.

Humas KPH Purwodadi Edi Purjanto saat dikonfirmasi wartawan membenarkan sudah ada kejadian kebakaran di kawasan hutan tersebut. Yakni, kebakaran lahan seluas lima hektare di BKPH Penganten pada petak 32, F-2 yang terjadi pada Kamis (11/7/2019) malam.

Beruntung, kebakaran tersebut bisa segera ditangani sehingga api tidak membakar tanaman utama berupa pohon jati. Api bisa dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB, setelah lima petugas dari KPH Purwodadi membuat ilaran atau penyekatan supaya api tidak meluas.

“Petugas buat ilaran di atas bukit. Tindakan ini dilakukan karena arah kebakarannya dari bawah naik menuju bukit,” jelasnya.

Akibat dari kebakaran tersebut, tegalan tanaman pengisi mengalami layu, semak dan tumbuhan gulma terbakar. Meski begitu, tanaman utama masih bisa diselamatkan dan tidak menimbulkan kerugian besar.

Menurut Edi, selama ini pihaknya sudah sering menyosialisasikan pada masyarakat maupun Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) untuk tidak membakar sampah di sekitar kawasan hutan. Pihaknya berharap masyarat lebih sadar dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian hutan dan lingkungan sekitarnya.

“Dugaan kami, ada orang tidak bertanggungjawab yang membakar sampah di sekitar sana, dan kemudian ditinggalkan begitu saja sehingga menyebabkan kebakaran. Saat ini, banyak daun-daun dan ranting kering yang berguguran, sehingga memudahkan menjalarnya api,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.