MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perahu Nelayan Sering Mogok di Laut, Pati Rescue Butuh Kapal Tarik

0 64

MURIANEWS.com, Pati – Relawan Pati Rescue yang berada di pesisir utara Pati, sangat membutuhkan adanya kapal tunda atau kapal tarik. Mengingat, hampir setiap hari terjadi mesin perahu yang macet di tengah lautan.

Anggota tim Pati Rescue Ali Mas’adi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mempunyai kapal untuk membantu perahu nelayan ini. Padahal, hampir setiap hari terjadi mesin perahu nelayan yang macet dan mogok.

“Kalau perahu yang mesinnya macet itu berada di pinggiran pantai, mungkin masih bisa kami tangani. Tetapi kalau macetnya di tengah laut, tentu membutuhkan kapal tarik,” katanya.

Dia mengatakan, untuk membantu perahu nelayan yang macet di tengah itu, pihaknya terpaksa meminjam perahu nelayan lain yang tidak melaut. Akan tetapi, kalau di dermaga tidak ada perahu, dirinya juga mengaku bingung.

“Kalau bingung, kadang saya menghubungi nelayan yang lokasinya paling dekat agar bisa membantu menarik perahu yang macet itu,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, kalau yang macet itu kapal cantrang, maka pihaknya tidak mampu menjangkau. Sebab, cantrang biasanya berada di tengah atau lebih dari 30 mil.

“Sementara nelayan kecil biasanya hanya sampai 4-5 mil. Ini kan sangat susah, bahkan tidak bisa menjangkau,” terangnya.

Dirinya berharap agar pihak yang berwenang dapat membantu penambahan fasilitas pengamanan Pati Rescue di wilayah TPI Banyutowo. Hal itu agar proses evakuasi bisa lebih cepat dilakukan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.