Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Agustus, Dishub Kudus Mulai Terapkan E-KIR

0 180

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus bakal menerapkan sistem elektronik uji kelaikan kendaraan atau e-KIR, Agustus, bulan depan. Koordinasi dengan salah satu bank sebagai mitra pembayaran juga telah rampung dilaksanakan.

“Kami gandeng Bank Jateng dalam hal pelayanan pembayaran non tunai uji KIR, nantinya server Dishub akan terhubung ke mereka,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil, Jumat (12/7/2019).

Dengan diberlakukannya e-KIR, diharapkan kepatuhan pemilik kendaraan terkait pelaksanaan uji kendaraan bisa meningkat hingga 100 persen. Ini lantaran, kepatuhan KIR dengan cara konvensional (manual) sudah mencapai 90 persen.

“Paling tidak, dengan sistem baru e-KIR tingkat kepatuhan pengguna KIR bisa meningkat,” lanjutnya.

Penerapan sistem e-KIR juga diharapkan mengurangi dan menghindari pungutan liar (pungli). Sistem e-KIR diharapkan bisa membuat  pelayanan lebih transparan, cepat, dan lancar.

“Saat ini masih kami lakukan uji coba dan penyelesaian teknis lain. Setelah rampung kami pastikan para penguji KIR dapat pelayanan prima,” ucapnya

Sementara terkait besaran retribusi kendaraan bermotor juga sudah ditetapkan. Untuk mobil penumpang umum sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan bus, kendaraan barang, dan kendaraan khusus dengan berat di bawah 9.000 kilogram (9 ton) akan dikenakan retribusi sebesar  Rp 30 ribu. Sementara kendaraan di atas 9.000 kilogram (9 ton) sebesar Rp 35 ribu.

“Masyarakat akan disosialisasi terlebih dahulu nantinya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Kudus, Sudjatmiko menyambut baik dan tertarik ide inovasi pelayanan uji kendaraan bermotor dengan sistem e-KIR. Sistem itu diharapkan dapat menjadi model pembayaran nontunai, sehingga ada perubahan signifikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Selama untuk memajukan pelayanan pada masyarakat tetap kami dukung,” ucapnya.

Terpisah, Bupati Kudus HM Tamzil menharapkan, selain pelayanan pembayaran nontunai, peningkatan kualitas peralatan uji kendaraan juga harus dilakukan. Peralatan yang ada sekarang memang masih dapat difungsikan. Hanya, jika peralatan diganti dengan  full computerize atau seluruhnya dikendalikan dengan komputer, maka akan lebih baik.

“Harapannya, akurasi dan presisi hasil uji kendaraan jadi lebih optimal,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.