Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Nyamar Jadi Pasien, Ombudsman Jateng Sidak UPTD Puskesmas Dersalam Kudus

0 1.179

MURIANEWS.com, Kudus – Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di UPTD Puskesmas Dersalam, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kamis (11/7/2019). Mereka menindaklanjuti adanya keluhan masyarakat terkait pelayanan publik.

Pada kesempatan itu, Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu sempat menyamar menjadi seorang pasien. Ia juga berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan di puskesmas tersebut. Alhasil, menurutnya pelayanan di UPTD Puskesmas Dersalam sudah ada perbaikan.

“Tadi saya sempat menyamar untuk mendapatkan pelayanan Puskesmas Dersalam. Saya rasa pegawai di sini sudah melakukan pelayanan dengan bagus. Perilaku pegawai meyambut baik penguna layanan. Meskipun saya luar kota diberikan pelayanan dengan baik,” katanya saat ditemui di UPTD Puskesmas Dersalam, Kamis (11/7/2019).

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut adanya laporan keluahan masyarakat terkait pelayanan UPTD Puskesmas Dersalam. Pelaporan keluhan itu disampaikan pada awal tahun 2019 lalu.

“Kami sempat memberikan masukan terkait keluhan masyarakat tersebut. Setelah kami lihat di lapangan sudah baik. Pegawai juga sudah menyambut dengan baik dengan memberikan senyuman. Tidak cuek,” katanya.

Selain itu pelayanan kesehatan dirasa sudah ada perbaikan. Pasien yang datang tidak hanya berobat kemudian diberikan obat. Melainkan diberikan edukasi terkait keluhan kesehatan hingga cara menjaga kesehatan.

“Pegawai tidak hanya menyerahkan obat. Tapi ada komunikasi antara dokter dengan pasien. Ada komunikasi. Contohnya seharunya bapak banyak makan buah dan olahraga. Ini edukasi. Ini saya rasa sudah bagus,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya berharap agar perbaikan-perbaikan tersebut terus dilakukan peningkatan. “Ke depan akan kami selalu melakukan monitoring. Supaya ada komitmen untuk melakukan perbaikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Dersalam Heni Febriana berterima kasih atas kunjungan dari Ombudsman Jateng. Hal ini bisa dijadikan untuk memotivasi bekerja dan meningkatkan pelayanan yang ada UPTD Puskesmas Dersalam.

“Untuk pelayanan kami akan terus melakukan peningkatan,” tandasnya.

 

Reporter: Dian Utoro Aji
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.